Sukses

5 Ritual Masak Daging Empuk, Tak Berbau, dan Matang Sempurna

Sebelum memasak daging, pastikan Anda mengetahui lima trik dari para chef dunia agar hidangan daging Anda lezat sempurna

Liputan6.com, Jakarta Memasak daging tidak harus memakan waktu yang lama dan bisa dilakukan dengan cara lebih sederhana. Berikut ini beberapa tip dari chef dunia bagaimana cara memasak daging dengan rasa lezat tanpa harus menghabiskan banyak waktu di depan kompor yang panas.

Perendaman bumbu selama dua hari
“Berikan sedikit usaha untuk membumbui daging domba atau kambing, lalu diamkan selama 48 jam sebelum dimasak. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar lima hingga tujuh menit saja untuk memasak daging yang telah dibumbui,” saran Shoeb Haider, kepala chef restoran Zaika di Kensington, London.

Bumbui daging domba atau kambing dengan pepaya mentah yang telah dihaluskan, campuran bawang putih dan jahe yang telah dihaluskan, bubuk cabe, garam masala atau bumbu rempah khas India, ketumbar bubuk, garam, dan yoghurt. Tutup dan diamkan di dalam lemari es selama 48 jam. Panggang daging di dalam oven pada suhu 180 derajat selama lima hingga tujuh menit. Proses pembumbuan ini juga berfungsi sebagai bahan untuk melembutkan daging.

Pijat daging Anda
Agar bumbu yang digunakan dapat meresap dengan sempurna, Chef Tom Aikens menyarankan untuk memijat daging Anda dengan beragam bumbu rempah seperti kayu manis, adas, lada hitam, ketumbar, cengkeh, juniper, atau biji adas. Tambahkan campuran rempah ini ke dalam campuran tomat segar yang telah dihaluskan, saus tomat, madu, cuka, irisan jahe, dan kulit jeruk parut.

Proses karamelisasi yang cepat
Sebelum memasak steak, pastikan wajan yang digunakan sangat panas sebelum memasukkan daging untuk mendapatkan rasa karamelisasi yang lezat. Jika wajan yang digunakan tidak panas, gula alami daging yang dilepaskan tidak akan terkaramelisasi. Dan, jika wajan yang digunakan tidak cukup panas, maka daging justru akan mengeluarkan air sehingga bukannya membuat steak, Anda justru malah membuat daging rebus.

Cara mudah memasak daging
Hal yang paling penting ketika memasak daging sapi atau daging apapun adalah dengan mendiamkan daging pada suhu ruangan sebelum dimasak. Hal ini akan membuat daging menjadi matang dengan merata dan sempurna, juga mencegah timbulnya lingkaran keabu-abuan (daging yang masih mentah) setelah daging dimasak.

Mendiamkan daging setelah dimasak
Diamkan dulu daging yang telah dimasak. Ketika memasak daging, suhu udara muncul dari permukaan daging, oleh karena itu lapisan luar daging akan memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan bagian tengah daging. Mendiamkan daging terlebih dahulu sebelum dihidangkan akan membantu pengaturan suhu pada daging untuk mencegah timbulnya lingkaran keabu-abuan saat dipotong.

Membuat saus kuah daging yang kental
Untuk membuat saus kuah daging yang kental, Chef Graham Campbell menyarankan untuk mencampurkan butter dengan tepung dalam jumlah yang sama untuk membuat pasta beurre manié. Kocok dengan memasukkan pasta sedikit demi sedikit ke dalam kuah daging. Didihkan sambil diaduk hingga mengental, tambahkan lagi sedikit pasta jika suka. (Manggala Chipta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.