Sukses

Tutorial: Ciptakan Sendiri Lampu Duduk yang Anti-Mainstream

Bentuk lampu duduk yang itu-itu saja tentu sangat membosankan. Diperlukan inovasi untuk mengubahnya menjadi lebih indah.

Liputan6.com, Jakarta Bentuk lampu duduk yang itu-itu saja tentu sangat membosankan. Anda perlu melakukan inovasi untuk menghasilkan lampu duduk yang spektakuler. Dengan semangat Do It Yourself (DIY), Anda bisa mengubah bentuk lampu duduk yang mainstrem menjadi lebih indah dan memukau.

Dilansir dari instructables, Jumat (27/11/2015), berikut cara membuat ulang lampu duduk dengan kreasi Anda sendiri.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat. Ada beberapa alat yang perlu Anda siapkan, antara lain tang, henger besi yang sudah tidak terpakai, solder listrik, dan beberapa lampu yang akan Anda daur ulang.

foto: instructables.com

Setelah alat tersedia, yang harus Anda lakukan kemudian adalah menguraikan lampu. Uraikan lampu duduk Anda dengan cara memoisahkannya menjadi dua bagian, yaitu bagian dudukan dan bagian cangkang. Lakukan hal ini sampai 6 lampu duduk Anda terpisah.

foto: instructables.com

Langkah selanjutnya adalah melubangi dudukan lampu yang sudah dipisahkan dengan menggunakan solder listrik. Berikan 4 lubang pada bagian dudukan, hal ini dilakukan untuk menghubungkan kabel listrik pada lampu. Penggunaan solder listrik untuk melubangi plastik lebih baik ketimbang menggunakan bor.

Setelah seluruh dudukan lampu menjadi berlubang, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel listrik. Gunakan partisi warna agar kabel tidak bercampur. Setelah itu, kaitkan beberapa lampu menjadi satu bagian. Pastikan semua lampu erat terhubung menjadi struktur yang kuat. Jangan lupa cek kabel listrik sekali lagi dan masukkan gantungan agar bisa digantung di langit-langit. Hubungkan kabel ke listrik dan nikmatilah lampu duduk menawan kreasi Anda sendiri. (Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini