Sukses

5 Cara Memanfaatkan Pisang yang Sudah Terlalu Matang

Saat buah pisang sudah lembek karena terlalu matang, jangan dulu dibuang. Karena Anda bisa memanfaatkannya.

Liputan6.com, Jakarta Buah berwarna kuning ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Rasanya yang manis dan lezat sudah pasti disukai oleh semua anggota keluarga. Namun, saat buah pisang sudah lembek Anda seringkali terburu-buru untuk membuangnya. Tahukah Anda, ternyata masih bisa memanfaatkan buah pisang ini dengan cara yang lain?

Berikut 5 cara memanfaatkan buah pisang yang sudah terlalu matang seperti dilansir dalam readersdigest.ca.

1. Gunakan buah pisang sebagai masker wajah
Anda dapat memanfaatkan buah pisang sebagai masker wajah alami. Masker ini dapat membuat kulit Anda lembap dan halus. Caranya lumatkan pisang ukuran sedang sampai lembut, setelah itu oleskan ke wajah dan leher Anda. Biarkan sampai 10-20 menit, kemudian bilas dengan air. Resep lain yang bisa Anda coba dengan mencampurkan bahan-bahan, ¼ cup yogurt plain, 2 sendok teh madu, dan 1 buah pisang ukuran sedang.

2. Gunakan buah pisang untuk mengempukkan daging panggang
Daun pisang banyak digunakan untuk membungkus daging saat dimasak, agar dagingnya lebih empuk. Namun, ternyata buahnya juga memiliki kemampuan yang sama. Jika lain waktu anda takut daging yang Anda panggang akan terasa alot, cobalah untuk memasukkan buah pisang matang yang sudah dipotong dan dikupas kulitnya ke dalam loyang agar daging panggang Anda terasa lebih empuk.

3. Gunakan pisang untuk membuat sepatu kulit Anda menjadi lebih mengkilat
Kali ini Anda dapat memanfaatkan kulit pisang agar sepatu Anda terlihat kinclong. Caranya, gosok-gosok sepatu Anda dengan kulit pisang bagian dalam. Jika sudah selesai, lap menggunakan tisu atau kain yang lembut. Anda mungkin akan menggunakan teknik ini untuk furniture Anda yang berbahan kulit lainnya. Sebelum itu, tes dulu di bagian kecil sebelum Anda mencobanya di seluruh bagian.

4. Gunakan pisang untuk mencerahkan tanaman di rumah Anda
Apakah daun-daun di tanaman hias Anda terlihat berdebu atau kusam? Jangan di semprot menggunakan air, ini hanya akan membuat kotorannya menjadi menyebar. Lebih baik, bersihkan menggunakan kulit pisang bagian dalam. Lihatlah permukaan daun tanaman hias Anda akan lebih bersih, mengkilap, dan bersinar.

5. Es potong buah pisang
Anda dapat menyajikan es potong buah pisang ini untuk anak-anak Anda. Anda tidak perlu khawatir lagi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya karena sudah pasti aman. Caranya, kupas pisang dan potong pisang yang sudah matang menjadi dua bagian atau sesuai selera Anda. Tusuk pisang dengan stik es krim agar lebih mudah saat memakannya. Letakkan semua pisang ke dalam wax paper kemudian taruh ke dalam freezer.

(latif pungkasniar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini