Sukses

5 Hal yang Paling Dibutuhkan Anak

Tahukan Anda apa yang paling dibutuhkan anak, dan sudahkan Anda memenuhi kebutuhan mereka?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda apa yang paling dibutuhkan anak, dan sudahkah Anda memenuhi kebutuhan mereka? Terkadang orangtua masih belum benar-benar tahu apa yang paling dibutuhkan anak. Ada orangtua yang selalu menuruti apa yang dinginkan anak, namun melupakan komunikasi dengan anak, pelukan, dan perhatian, karena menganggap apa yang diinginkan anak adalah apa yang mereka butuhkan.

Semua anak memiliki kebutuhan dasar untuk hidupnya seperti makan, kehangatan, tempat tinggal, dan pakain. Tetapi jangan lupa anak juga butuh untuk merasa dicintai dan rasa aman. Dengan memberikan semua hal yang mereka butuhkan, anak akan merasa aman, kuat, dan berkembang.

Berikut 5 hal yang paling dibutuhkan oleh anak seperti dilansir dari cyf.govt.nz, Jumat (27/11/2015).

Memberikan Cinta dan Pelukan
Pelukan dan mengajak mereka bercanda akan membantu mereka merasa aman dan memberikan kenyamanan. Memegang anak, menggendong, memangku, mencium adalah cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Berikan Apresiasi
Ketika Anda memberikan mereka apresiasi terhadap apa yang sudah mereka lakukan, ini akan membuat mereka ingin melakukannya lagi. Mengapresiasi anak Anda untuk melakukan yang terbaik akan membuat mereka juga ingin menjadi yang terbaik dan akan membantu mereka menghargai diri mereka sendiri, terhadap usaha yang mereka lakukan.

Berikan Senyuman
Senyuman adalah cara yang paling sederhana untuk membantu anak merasa bahagia dan aman. Ketika Anda memberikan senyuman kepada anak katakan juga bahwa Anda menyayangi mereka, bangga terhadap mereka, memperhatikan mereka, Anda bahagia karena mempunyai mereka.

Ajak Mereka Bicara
Sesibuk apapun Anda sempatkan untuk mengajak anak Anda bicara, bisa di tempat tidur sebelum anak Anda tidur, mendongeng, bercerita tentang apa yang dialami hari ini. Sering mengajak anak bicara, tanpa Anda sadari anak belajar banyak dari percakapan yang Anda lakukan. Anak memiliki kosa kata yang banyak, menggunakan kata dengan tepat sehingga memudahkan mereka untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan.

Dengarkan Mereka
Semakin anak bertambah umurnya dan sudah lancar berbicara, anak akan menanyakan banyak hal. Dengarkan dengan seksama dan berikan jawaban terbaik yang anda bisa dengan begitu anak akan merasa belajar itu menyenangkan. Mendengarkan adalah cara lain untuk memperlihatkan bahwa Anda tertarik dan peduli dengan mereka. (LatifPungkasniar/Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini