Sukses

Jakarta Tourism Expo Bidik Wisatawan Balikpapan

Untuk memenuhi target kunjungan wisatawan, Jakarta gelar expo wisata di Balikpapan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka merealisasikan 31 juta kunjungan wisatawan domestik hingga akhir tahun, Provinsi DKI Jakarta menggelar “Jakarta Tourism Expo” di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Angka wisatawan nusantara ini masih bisa diwujudkan, mengingat masih tinggi antuasiasme masyarakat untuk berwisata di ibu kota negara ini,” kata Kepala Seksi Promosi Dalam Negeri, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Umuarsih Badriyah di Balikpapan, Kamis (26/11/2015).

Lebih jauh Badriyah mengatakan, pihaknya masih memprioritaskan kunjungan wisatawan nusantara di Jakarta. Pengunjung Jakarta pada umumnya adalah pelaku wisata belanja yang mampu dilayani 80 mal ibu kota.

Menurut data, wisatawan asal Balikpapan menempati peringkat ketiga industi parawisata Jakarta dibawah Bandung dan Makassar. Adapun urutan wisatawan mancanegara di Jakarta yakni berasal dari Malaysia, Singapura, Australia, China, dan USA.

Expo yang digelar di sejumlah kota mendapatkan respon positif penjualan paket wisata Jakarta. Di Medan menembus angka Rp 1,7 miliar, di Makassar Rp 1,8 miliar, Pontianak Rp 2,1 miliar, dan Surabaya mencampai angka Rp 1,7 miliar.

“Kalau di Balikpapan ditargetkan penjualan paket wisata di atas realisasi tahun lalu sebesar Rp 1,3 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager New Distribution Chanel Citilink, Husnul Mulia menambahkan, industri pariwsata menjadi satu satunya usaha yang belum terpapar lesunya perekonomian saat ini. Hal tersebut ditandai dengan masih menggeliatkan lalu-lintas penerbangan antar kota di Indonesia saat ini.

“Rute penerbangan Balikpapan – Jakarta sendiri setiap harinya ada 26 kali untuk seluruh maskapai,” ungkap Husnul.

Maskapai Citilink termasuk salah satu pelaku jasa pariwisata yang digandeng Jakarta dalam pelaksanaan expo di sejumlah kota Indonesia. Husnul mengaku sudah menyiapkan paket penjualan tiket Citilink dengan harga khusus yang dilepas dalam expo Jakarta di Balikpapan. (Abelda Gunawan/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini