Sukses

Fakta-fakta Menarik di Balik Museum Antonio Blanco

Tidak hanya menjadi ruang pamer, Museum Antonio Blanco juga menyimpan beberapa fakta menarik.

Liputan6.com, Jakarta Antonio Blanco merupakan seniman avant garde yang pernah dimiliki Indonesia. Lahir dari keluarga campuran Spanyol-Filipina, Antonio Blanco memilih Bali sebagai tempat tinggalnya dan memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia.

Dalam masa menetapnya di Bali, Blanco telah banyak menghasilkan berbagai karya monumental dan membawa napas baru dalam dunia seni rupa Indonesia. Berbagai karya baru tersebut kini tersimpan apik di kediamannya yang kini difungsikan sebagai museum. 

Namun demikian, museum ini berbeda dengan museum pada umumnya yang hanya menjadi nostalgia bagi kejayaan masa lalu. Museum Antonio Blanco menyimpan berbagai hal menarik yang bahkan belum banyak diketahui masyarakat luas.

Salah satu lukisan karya Antonio Blanco yang dipamerkan di ruang museum.

Berikut beberapa fakta menarik dari Museum Antonio Blanco, seperti yang diungkap Mario Blanco saat ditemui Liputan6.com, Sabtu (21/11/2015).

1. Dari 10 cucu Antonio Blanco, 8 orang di antaranya mempunyai bakat melukis dan lukisan hasil karya mereka akan disimpan di Museum Antonio Blanco.

2. Ornamen keramik setinggi 15 meter yang ada di bagian depan Museum Antonio Blanco merupakan tanda tangan Blanco yang dibuat dobel.

3. Museum Antonio Blanco mempunyai 6 pemandu wisata yang bersertifikat nasional dan dalam proses sertifikasi internasional untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia. Mengingat museum ini tidak hanya dikunjungi oleh turis lokal, tetapi juga turis mancanegara.

4. Museum Antonio Blanco mempunyai 45 spot fotografi yang bisa diekspos dan sengaja dibuat agar pengunjung tidak bosan. Fasilitas ini dibangun Mario Blanco mengingat dirinya juga berprofesi sebagai fotografe dan sempat aktif di beberapa acara fotografi di televisi.

5. Museum Antonio Blanco tidak hanya menjadi ruang pamer lukisan, tetapi juga menjadi penangkaran dan dipercaya pemerintah sebagai konservator bagi berbagai burung langka Indonesia dan luar negeri. Salah satu burung langka yang berhasil dikembangbiakan adalah jalak Bali. Dari hanya 3 ekor yang dipelihara, kini Museum Antonio Blanco telah berhasil mempunyai 250 ekor jalak Bali.

(Ibo)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini