Sukses

3 Ide Membuat Taman di Dinding untuk Rumah dengan Ruang Terbatas

Apakah halaman rumah Anda tergolong kecil? Percantik saja dengan membuat taman dindin atau taman vertikal seperti ini

Liputan6.com, Jakarta Apakah halaman rumah Anda termasuk halaman yang kecil? Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga memiliki keterbatasan yang sama. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat taman dinding atau taman vertikal.

Berikut ini adalah beberapa ide membuat taman di dinding untuk rumah dengan ruang terbatas yang dapat Anda jadikan inspirasi di rumah Anda.

Pot gantung dan pot dinding
Akhir-akhir ini mulai marak penggunaan pot gantung dan pot dinding sebagai penghias ruangan. Mungkin Anda sering melihat bagaimana penggunaan pot gantung, karena memang di Indonesia banyak sekali penggunaan pot gantung sebagai pengganti pot biasa. Namun pot dinding juga bisa Anda perhitungkan.

Mungkin keberadaan pot dinding di Indonesia masih jarang saat ini. Meski demikian, pot dinding dirasa lebih efisien dan mudah diatur. Anda hanya tinggal menentukan tanaman apa yang cocok untuk ruangan Anda.
Selain itu, pot dinding juga dirancang agar tanah tidak tercecer keluar. Beberapa perusahaan seperti Wooly Pocket menyediakan pot dinding dengan beragam ukuran.

Pot gantung dan pot dinding

Penggunaan benda-benda daur ulang
Toples dan botol bekas ternyata juga bisa digunakan sebagai pengganti pot gantung. Anda hanya perlu untuk mengikatnya dengan klem besi untuk kemudian ditancapkan ke kayu yang telah terpasang di dinding. Pastikan untuk mengikat toples dengan kuat.

Apabila Anda menggunakan toples kaca sebagai pot, jangan lupa untuk memberikan butiran gabus atau stereofoam agar tanah selalu lembab dan tidak kering.

Taman vertikal
Taman penuh rumput di pekarangan depan, mungkin sudah biasa bagi kebanyakan orang. Bagaimana jika padang rumput tersebut ada sebagai dinding rumah Anda? Mungkin ide yang satu ini dapat Anda aplikasikan untuk membuat suatu hal yang sedikit nyeleneh di rumah Anda.

Anda hanya membutuhkan kawat ayam, sedikit tanah, dan tumbuhan menjalar. Tanam tumbuhan menjalar di tanah yang telah di sediakan. Pasang kawat ayam secara vertikal di dinding. Kemudian, pasangkan tumbuhan menjalar pada kawat ayam tersebut. Akan cukup lama untuk menutup dinding secara penuh.

Tipsnya, usahakan untuk memberikan pasokan sinar matahari yang cukup serta penuhi selalu kebutuhan nutrisi dan air tanaman Anda.

Itulah tadi beberapa ide dalam membuat taman dinding untuk rumah dengan taman yang sempit. Jangan biarkan rumah dengan ruangan sempit membatasi kreatifitas Anda dalam membuat rumah yang sehat dengan sentuhan naturalis.

Jika Anda mencari atau menyewa jasa desain interior, Seekmi.com memiliki banyak pengalaman dalam menemukan perusahaan yang menyediakan jasa ini dengan pengalaman sangat baik bagi kebutuhan Anda. Daftarkan segera atau hubungi Seekmi untuk mendapatkan layanan desain interior yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

(Seekmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini