Sukses

Apa Perbedaan Salmon Norwegia dengan Salmon dari Negara Lain?

Salmon asal Norwegia banyak dimanfaatkan untuk pembuatan makanan Jepang, seperti sushi dan sashimi. Apa perbedaannya dengan salmon lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Salmon asal Norwegia telah menjadi bahan utama pembuatan makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Bukan tanpa alasan, Norwegia telah dikenal sebagai salah satu negara yang serius dalam memproduksi ikan salmon.

Regional Director Norwegian Seafood Council Jon Erik Steenslid mengatakan, Norwegia memiliki sistem produksi ikan segar yang baik sehingga ikan bisa disajikan cepat dan higienis. Faktor keamanan memang penting untuk daging salmon, mengingat ikan ini disajikan mentah dalam makanan sushi dan sashimi.

"Bicara makanan mentah, tentu saja faktor keamanan menjadi faktor yang sangat penting," kata Jon Erik di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Tak hanya dari segi keamanan, ternyata rasa salmon Norwegia lebih cocok digunakan untuk bahan baku sushi dan sashimi dibanding salmon-salmon lainnya. Menurut Direktur Sushi Tei Sonny Kurniawan, rasa salmon Norwegia lebih lembut dan creamy.

"Memang karakteristik daging salmon berbeda-beda tergantung asalnya, untuk daging salmon Norwegia, karakteristiknya lemaknya tebal dan dagingnya lebih lembut. Berbeda dengan daging salmon dari Tasmania Australia, lemaknya lebih sedikit dan dagingnya lebih keras," ucap Sonny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.