Sukses

Pesan Bocah SMP Pendiri Organisasi Sosial untuk Teman Sebayanya

Ini pesan bocah SMP pendiri Rumah Faye, untuk teman-teman sebayanya.

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari kepedulian seorang bocah 11 tahun terhadap isu prostitusi anak, Rumah Faye berkembang seiring dengan berbagai kegiatan yang dilakukanya dan publikasi media yang didapat. Kini organisasi yang didirikan pada tahun 2013 itu tengah membangun sebuah shelter di Batam.

Faye Simanjuntak, sang pendiri organisasi, saat ini berusia 13 tahun. Sebagaimana umumnya anak-anak lain, hari-hari Faye diisi dengan kegiatan sekolah dan bersosialisasi bersama teman-teman sebaya. Hingga Anda berbicara tentang Rumah Faye dengannya, di situlah Anda akan melihat bagaimana ia sangat bersemangat atas isu sosial yang menjadi fokus organisasinya.

Jumat 20 November 2015, Liputan6.com berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Faye di kediamannya. Mendengar bagaimana seorang anak memiliki keinginan mulia untuk membantu sesamanya yang kurang beruntung, tidakkah Anda setuju bahwa itu merupakan hal yang baik?

Tapi pertanyaannya adalah apa memang setiap anak perlu memikirkan hal-hal semacam itu di masanya? Pakar perkembangan anak bisa punya jawaban yang merujuk pada berbagai faktor, mulai dari kompetensi kognitif anak, karakternya, hingga bagaimana bahasan sebuah isu berdampak pada kondisi anak itu sendiri.

Faye Simanjuntak, Pendiri Rumah Faye

Lalu, bagaimana pendapat Faye sendiri? Apa menurutnya anak-anak seusianya juga perlu memikirkan isu-isu sosial sebagaimana yang ia lakukan? Begini jawaban Faye, “When you are a kid, be a kid. But think towards the future”.

Menurutnya tiap anak punya keinginan untuk membantu hal-hal di sekitarnya yang membutuhkan pertolongan dan ia ingin agar mereka berusaha untuk mencoba mewujudkan hal itu. `If you do feel a passion towards a subject, you should act on it,` ucap Faye.

Namun ia pun menyadari bahwa sebagai anak-anak, ada banyak hal yang belum bisa dilakukan sendiri. Jika hal itu yang terjadi, bahwa keinginan untuk menolong itu belum bisa terwujud sekarang, ia berpesan agar jangan sampai kemauan itu hilang saat tumbuh dewasa.

Katanya, `As long as you have the heart and you keep the heart, that’s what is important. The point is that you keep the heart.` Dipercaya Faye bahwa jika ada kemauan, maka pintu untuk mewujudkannya akan datang entah hari ini ataupun hari esok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.