Sukses

Budaya Minum Air Putih Bantu Diet Anda Lebih Efektif

Budaya minum air putih sebelum makan dapat meingkatkan metabolisme dan membuat diet yang Anda lakukan lebih efektif

Liputan6.com, Jakarta Banyak manfaat baik yang Anda dapatkan dengan membudayakan minum air putih. Seperti halnya ungkapan yang disampaikan Leornado Da Vinci bahwa air adalah kekuatan pendorong yang kuat dari alam.

Hal tersebut menggambarkan bahawa air merupakan kunci kehidupan, tidak terkecuali bagi manusia. Sebesar 80 persen tubuh manusia terdiri dari air yang menjadi pengangkut karbohidrat, lemak, protein, dan membantu perlancar pencernaan. Seperti dilansir dari lifehack.org pada Kamis (19/11), sebuah studi kecil dari Universitas Birmingham, Inggris ingin mengatahui apakah dengan budaya minum air putih akan berpengaruh pada penghematan waktu, tenaga, dan uang seseorang yang sedang melakukan diet ketat dan olahraga.

Bagaimana prosedur penelitian dan hasilnya?

Dalam penelitian tersebut, 80 orang dewasa yang obesitis dikerucutkan menjadi lima puluhan orang untuk mengikuti percobaan selama tiga bulam. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan berbagai saran untuk menurunkan berat badan dan memadupankannnya dengan diet dan olahraga.

Kemudian setengah dari kelompok tesebut diminta untuk minum sekitar setengah liter atau dua gelas air putih sebelum makan, baik siang atau malam. Sedangkan setengah kelompok lagi membebaskan untuk tidak minum air putih, tetapi juga melakukan program diet.

Hasilnya, kedua kelompok tersebut sama-sama mengalami penurunan berat badan. Namun, kelompok pertama yang minum air putih sebelum makan mengalami penurunan berat badan lebih efektif, yaitu sekitar 4.3 kg selama 12 minggu.

Mengapa itu bisa terjadi?

Studi tersebut memperlihatkan bagaimana peran air putih yang Anda minum sebelum makan akan lebih jauh membuat program diet efektif. Hal tersebut dikarenakan dengan minum air putih sebelum makan dapat menekan nafsu makan Anda yang besar sehingga asupanya menjadi lebih sedikit.

Selain itu, budaya minum air putih akan membuat metabolisme Anda jauh lebih cepat sehingga semakin banyak minum, semakin sedikit tambahan berat badan akibat makanan yang diasup. Kurang minum juga bisa menyebabkan dehidrasi yang secara tak sadar memerintahkan otak Anda untuk terus ngemil dan merasa lapar.

Ahli diet dan ahli gizi bersertifikat dari London, Bonnie Giller mengatakan, air juga membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil. Air juga adalah pelumas alami, yang membantu fungsi sendi dan jaringan, dan baik untuk pencernaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.