Sukses

Cara Tepat Santap Sushi

Simak cara yang tepat makan sushi.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Jepang sudah melalang buana ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia. Di Jakarta tidak sulit untuk menemukan restoran Jepang. Makanan Jepang apa yang paling Anda suka? Sushi? Menu Negri Sakura yang satu ini memiliki banyak penggemar.

Ketika tersaji hidangan itu dihadapan Anda, bagaimana Anda menyantapnya? Coba baca buku yang belum lama ini dirilis, `The Complete Guide to Sushi & Sashimi`. Anda akan tahu bahwa mungkin selama ini ada kesalahan-kesalahan dalam menyantap makanan itu.

Dalam buku dengan tebal hampir 300 halaman, Robby yang adalah executive sushi chef di restoran Morimoto, New York, memberi penjelasan tentang cara benar makan sushi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dilansir dari situs InStyle pada Jumat (20/11/2015).

1. Cerdas gunakan bumbu
Untuk mendapat pengalaman terbaik, coba untuk tidak mencampur wasabi ke dalam kecap sebab wasabi bisa mengubah rasa asli dari kecap. Jika butuh rasa pedas, tambahkan wasabi langsung ke sushi.

2. Cara mencelup
Beda jenis sushi beda juga cara mencelupnya ke dalam kecap. Untuk jenis nigiri dimana ikan mentah ditaruh di atas nasi, celupkan sushi secara terbalik dengan bagian ikan di bawah. Hal ini dimaksudkan agar nasi tak terlalu kena banyak kecap. Yang jenis cut roll sebaiknya dicelup sedikit saja. Sedangkan yang hand roll cukup dipercikan sedikit dengan kecap di bagian atasnya.

3. Jangan kalap
Jangan langsung memesan banyak sushi dalam sekali order. Sebab bila banyak sushi yang tersedia, maka yang terakhir dimakan, menjadi kurang segar. Pesan sushi sedikit demi sedikit dan setelah habis Anda bisa memesannya kembali

4. Tahapan jenis sushi
Di awal, pesan sashimi yang lebih tipis untuk membiasakan mulut Anda. Setelahnya pesan jenis sushi dengan ikan yang lebih gemuk, misalnya yellowtail tuna. Akhiri dengan nigiri, hand rolls, dan cut rolls.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini