Sukses

4 Cara Cerdas Usir Pikiran Negatif

Anda bisa mengurangi pikiran negatif dengan latihan.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu, pikiran negatif yang berlebihan tidak baik untuk perkembangan diri. Pikiran negatif akan membuat perasaan tidak tenang dan pikiran menjadi mudah stres.

Namun, rasanya sulit untuk menghilangkannya sepenuhnya dari diri. Meskipun sebenarnya Anda bisa mencoba menguranginya. Pertama, Anda harus yakin pikiran adalah sesuatu yang bisa diatur. Maka Anda memiliki kendali penuh atas pikiran Anda.

Namun, jika Anda merasa belum bisa mengendalikan pikiran. Ini latihan yang bisa Anda lakukan.

1. Ketahui pikiran Anda
Buatlah diri Anda sadar jika sedang berpikiran negatif. Jika perlu Anda bisa mencatat kapan saja Anda berpikiran negatif. Serta, sebutkan pula alasannya mengapa Anda bisa berpikir demikian. Dengan begini, Anda akan lebih mudah menganalisa apa yang memicu pikiran negatif Anda.

2. Percaya pada diri Anda
Jika Anda berpikir negatif, artinya Anda tidak percaya diri. Mungkin Anda akan berpikir orang membenci Anda, padahal sebenarnya tidak. Dengan berpikir negatif, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi.

3. Bagaimanapun pikiran negatif itu perlu
Pikiran negatif akan memacu Anda melakukan upaya lebih, dan mencegah Anda terlalu percaya diri.

4. Paksa otak Anda untuk berpikir jernih
Memaksa otak untuk melepaskan pikiran negatif dan mengganti dengan pikiran positif tidaklah salah. Sekali Anda berpikir negatif, jangan dibiarkan berlarut-larut untuk menghindari pikiran negatif berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini