Sukses

Tempat yang Dulu Mati Kini Berubah Menjadi Landmark Menakjubkan

3 lokasi reruntuhan di dunia, yang kini berubah menjadi landmark menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara biasanya memiliki lokasi reruntuhan yang terlantar. Misalkan sebuah tempat yang terkena bencana atau dampak peperangan. Sebagian besar lokasi reruntuhan biasanya diasingkan karena dianggap menyeramkan. Akan tetapi sepertinya anggapan menyeramkan tidak melekat pada lokas-lokasi reruntuhan, yang kali ini akan kita bahas. Berikut ini adalah 3 lokasi reruntuhan yang berubah menjadi landmark menakjubkan versi Listverse.

1. Kolmanskop

Kisah Kolmanskop berawal ketika ada seorang pekerja pembangunan rel kereta, menemukan berlian di gurun pasir Kolmanskop. Berita ini pun mulai menyebar dan orang-orang berbondong-bondong untuk menambang berlian di gurun tersebut. Setelah perang Dunia I, harga berlian jatuh. Para penambang dan keluarga mereka pun meninggalkan rumah mereka di Kolmanskop. Setelah 50 tahun berlalu dan sempat menjadi kota hantu, kini Kolmanskop telah menjadi tujuan wisata populer yang indah.

2. Russia Tesla Towers

Menara Tesla terletak di tengah-tengah hutan Rusia. Tempat ini merupakan kompleks generator Rusia pada tahun 70-an. Fungsi menara tersebut adalah untuk mengonversi tegangan rendah arus searah, supaya menjadi pulsa tegangan tinggi. Pada tahun 90-an, secara teknis Russia Tesla seperti mati karena tidak lagi digunakan untuk aktivitas apapun. Namun bertahun-tahun setelahnya, Russia Tesla Towers kembali hidup dan berubah menjadi salah satu tempat riset ternama di Rusia.

3. Pulau Holland

Pulau Holland pernah ditinggali oleh sekitar 400 penduduk, di mana sebagian besar dari mereka bekerja sebagai nelayan. Namun setelah ditinggali selama berabad-abad, Pulau Holland terkikis oleh air laut. Memasuki tahun 1922 masyarakat Pulau Holland mulai meninggalkan rumah mereka. Semua rumah yang ditinggalkan ikut termakan oleh laut dan hanya menyisakan satu rumah. Sebelumnya rumah tersebut menjadi landmark yang menarik, sebelum akhirnya runtuh pada tahun 2010 lalu.

Dari ketiga landmark tadi, mungkin yang sangat disayangkan adalah runtuhnya rumah terakhir di Pulau Holland. Namun menurut cerita masyarakat, rumah tersebut ternyata juga berhantu. Sehingga semakin jarang dikunjungi oleh wisatawan. Itulah tadi sedikit cerita tentang tempat yang mati dan berubah menjadi landmark menarik. Semoga bisa menambah wawasan.

(Muhammad Sufyan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini