Sukses

Manfaat Saat Anda Punya Kecerdasan Emosional

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan Anda dapatkan ketika memiliki kecerdasan emosional.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencapai sebuah kecerdasan emosional, Anda harus bisa mengombinasikan antara pikiran dan perasaan. Jika seseoang memiliki kecerdasan emosional yang baik, mereka mampu mengatur dan menjaga arus emosi pada kelompoknya.

Kecerdasan emosional atau yang lebih dikenal dengan EQ, bukanlah sebuah konsep yang baru. Konsep ini dtemukan oleh dua psikolog, yaitu Jack Mayer, Ph.D. dari Universitas New Hampshire dan Peter Salovey, Ph.D. dari Universitas Yale.

Seperti dilansir dari lifehack.org pada Jumat (13/11), Departemen Psikologi Universitas Toronto menjelaskan bahwa EQ adalah kemampuan untuk menafsirkan emosi, mengaksesnya, dan mengeluarkannya sehingga mudah untuk dimengerti. Liputan6.com merangkum hal-hal yang bisa terjadi saat Anda mencapai kecerdasan emosional.

1. Anda akan menyelesaikan masalah dengan pikiran dan perasaan.

Kecerdasan emosional bukan masalah menang atau kalah antara pikiran dan perasaan, tetapi kombinasi dari keduanya. Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional akan mampu mengatur emosi dalam memecahkan masalah. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa lebih baik punya EQ ketimbang IQ.

2. Anda akan memiliki tingkat kesadaran diri yang baik

Sadar diri merupakan cara untuk mengetahui apa dan mengapa yang Anda rasakan. Dengan kecerdasan emosional, Anda akan lebih mudah mengetahui dari mana asal emosi yang sedang dirasakan sekarang. Ketika emosi sedang tak terkontrol, orang-orang yang memiliki EQ jauh lebih bisa mengatasi karena tahu dari mana asalnya.

3. Anda akan memiliki kemampuan manajemen diri yang kuat.

Manajemen diri dalam kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan untuk mengatur emosi. Saat emosi tersebut datang, kemampuan EQ akan menyadarkan Anda untuk waspada karena dapat merusak manajemen diri sendiri. Memiliki kemampuan manajemen yang kuat, akan membantu Anda menempatkan emosi sesuai waktu dan tempatnya.

4. Anda berpotensi menjadi seorang pemimpin yang baik

Menurut Daniel Goleman dalam buku Emotional Intelligence menyatakan, seorang pemimpin yang hanya menggunakan pikiran tanpa perasaan akan sangat kaku. Kecerdasan emosional yang Anda miliki, meningkatkan kepekaan terhadap situasi sekitar. Kepekaan tersebut adalah salah satu aspek yang membuat Anda berpotensi menjadi seorang pemimpin.

5. Anda akan memiliki rasa empati

Empati merupakan kemampuan untuk bisa menempatkan diri, dalam situasi orang lain. Seperti dirangkum dalam Psychcentral.com, kecerdasan emosional memberikan Anda kemampuan untuk punya rasa empati yang baik.

 

Sumber. Lifehack.org

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.