Sukses

Hindari Masuk Rumah dengan Menggunakan Sepatu dari Luar

Sebagian besar negara Asia memiliki budaya melepas sepatu saat tiba di depan pintu rumah. Apakah alasannya? Berikut jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa negara Asia, seperti Jepang, kebiasaan harus melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah . Pasalnya, selain memang kultur dari budaya timur, hal tersebut merupakan bentuk pencegahan dari penyakit yang timbul dari bakteri dan kuman di sepatu.

Berbeda dengan Jepang, negara-negara di Amerika dan Eropa tidak terlalu menghiraukan kebiasaan ini.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Rabu (11/11), Liputan6.com merangkum alasan mengapa kebiasaan melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah baik adanya.

 

1. Bakteri menjijikan mana yang Anda bawa ke dalam rumah?

Menurut studi Universitas Houston, Amerika Serikat ditemukan 40 persen sepatu mengandung bakteri Clostridium difficile yang menjijikan. Studi ini menemukan bahwa bakteri tersebut tidak hanya terdapat dalam sol sepatu, tetapi juga dapat tersebar ke toilet, atap, dan permukaan lantai. Bakteri tersebut dapat bertahan hidup di permukaan kering untuk waktu yang lama.

2. Bakteri lagi..bakteri lagi...

Ilmuwan Universitas Arizona, Amerika Serikat menemukan 421.000 bakteri berbeda pada sepatu yang berasal dari luar ruangan dan tidak dilepas saat masuk ke rumah. Bakteri tersebut menyebabkan infeksi pada mata, paru-paru, dan perut. Salah satu bakteri yang dikenal adalah E. coli yang bisa menginfeksi perut jika menyebar ke lantai dan rumah.

3. Jaga rumah Anda untuk tetap bersih
Ada begitu banyak keuntungan saat Anda membersihkan sepatu atau sandal saat pulang dari luar rumah. Selain rumah Anda akan terjaga akan penyebaran bakteri, sepatu juga jauh lebih lama.

 

Sumber. Lifehack.org

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.