Sukses

Ini Manfaat Penting Alunan Musik

Berikut ini manfaat bermain dan mendengarkan musik, bagi perkembangan otak Anda.

Liputan6.com, Jakarta Musik merupakan hal menakjubkan yang setiap manusia miliki dan jadi bahasa paling universal di dunia. Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang tidak suka dengan musik.

Semua orang pasti pernah mendengarkan musik dalam hidupnya, baik itu ketika nongkrong, tidur, belajar, atau bekerja. Musik memanggil berbagai emosi dalam diri Anda tergantung dari jenis yang didengarkan.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Rabu (11/11), sebuah penelitian dari Stanford, Inggris menyatakan bahwa lewat musik dapat menunjukkan bagaimana otak kita memahami dunia, khususnya pada anak. Berikut ini, Liputan6.com merangkum berbagai manfaat yang diberikan oleh musik dalam hidup manusia.

1. Bagaimana musik mampu mengubah masyarakat dan pola pikirnya.

Sudah sejak lama, musik memiliki peran dan pengaruh dalam peradaban manusia. Baru-baru ini studi penelitian menyatakan bahwa manfaat musik mampu menghubungkan antara otak kiri dan kanan, terutama pada musisi. Studi tersebut menunjukan bahwa musik membuat otak mampu mengatur informasi yang masuk dengan lebih baik.

2. Musik dapat meningkatkan percaya diri dan intelektual seseorang

Tidak masalah apa pun jenisnya, musik memiliki kemampuan untuk mendorong keluarnya perilaku dasar seseorang. Salah satunya adalah lewat musik rock di mana seseorang dapat mengekspresikan dirinya secara tidak sadar. Selain itu, musik juga mampu merangsang otak jauh lebih baik sehingga mampu meningkatkan intelegensi seseorang.

3. Meningkatkan konsentrasi otak
Bagi yang memilih jalan sebagai musisi, Anda memiliki kelebihan dalam hal konsentrasi. Mendengarkan dan bermain musik membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan hal tersebut melatih otak untuk bisa fokus.

4. Melatih kreativitas Anda
Berbicara tentang musik tak akan lepas dari seni dan seni membutuhkan kreativitas. Beruntung bagi Anda yang suka mendengarkan dan bermain musik karena secara tidak langsung otak dilatih untuk menggali kreativitas. Otak Anda akan jauh lebih produktif menghasilkan ide-ide yang segar.

5. Menjadi musisi akan membuat hidup Anda Puas
Menjadi seorang musisi, Anda akan menemukan banyak keuntungan dalam hidup. Di samping Anda memiliki perkerjaan yang berbeda dengan orang lain, musisi punya aturan mereka sendiri. Bonus yang didapatkan seorang musisi selain kepuasan batin adalah popularitas, penghasilan, dan pastinya partner bermusik.

 

Sumber. Lifehack.org

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini