Sukses

Menerawang Pahawang, Menyaksikan Pesona Wisata Bahari Indonesia

Obejek wisata bahari di Provinsi Lampung yang satu ini wajib Anda kunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Pahawang merupakan salah satu objek wisata bahari yang paling terkenal di Provinsi Bandar Lampung. Pulau yang terkenal dengan keindahan alam baharinya ini masuk dalam kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Untuk sampai di kawasan Pulau Pahawang, dari pusat Kota Bandar Lampung menempuh jarak sekitar 25 km atau 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan yang ramai perahu dan aktivitas nelayan ini, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu boat selama 40 menit.

Sami Mutarom, guide lokal Dinas Pariwisata Bandar Lampung menuturkan, hingga penghujung 2015 belum ada trayek angkutan umum yang melayani rute Bandar Lampung – Pelabuhan Ketapang. Untuk memajukan wisata yang ada di Lampung, Sami mengharapkan terciptanya angkutan umum yang terkoneksi dari objek wisata yang satu ke objek wisata lainnya yang ada di Lampung.

Angkutan umum yang terkoneksi akan memudahkan para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, untuk lebih mengenal anekarupa keindahan alam Indonesia. Keragaman alam dan budaya merupakan salah satu pesona Indonesia.

Dermaga ketapang

Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar Pulau dan Pahawang kecil. Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/11/2015), Pulau Pahawang Besar memliki luas mencapai 1.000 hektare. Pulau ini dihuni lebih dari 300 kepala keluarga, yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Di Pulau Pahawang Besar sudah dilengkpai sekolah dan puskesmas.

“Kalau Pulau Pahawang Kecil ukurannya sekitar 13 hektare, dan tidak berpenghuni. Kebetulan pulau ini memiliki pasir landai yang saat surut akan menjadi jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan pulau kecil lainnya yang ada di sebelahnya,” Sami melanjutkan.

Pulau Pahawang kecil dilihat dari langit. Fotografer : Husni.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat Anda mengunjungi Pulau Pahawang, mulai dari memancing, snorkeling, hingga diving. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di pulau tak berpenghuni, Pulau Pahawang Kecil menawarkan resort dengan berbagai fasilitas menarik, salah satunya adalah penginapan dengan pemandangan pantai yang indah.

Ikuti terus perjalanan tim Liputan6.com bersama Indonesia.travel menjelajahi Pesona Indonesia.

(Ibo/Atw)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.