Sukses

3 Hal yang Penting tentang Kartu Kredit

Sebelum memiliki kartu kredit, perhatikan tiga hal penting berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit merupakan inovasi yang sangat sukses karena bisa membuat banyak orang lebih mudah dalam melakukan transaksi jual beli. Bahkan di Amerika Serikat, sebagian besar orang sudah memiliki kartu kredit.

Apalagi di Negeri Paman Sam tersebut, Anda tidak akan bisa mendapat pekerjaan, menyewa rumah atau apartemen. Bahkan Anda tidak akan bisa mendapat pinjaman apabila tidak memiliki kartu kredit. Akan tetapi mungkin Anda belum tahu mengenai beberapa fakta tentang kartu kredit berikut ini.

1. Memakai Kartu Kredit Kedaluwarsa

Hampir semua pemilik kartu kredit beranggapan bahwa kartu mereka tidak akan bisa dipakai lagi apabila sudah melewati tanggal masa berlaku. Namun faktanya, secara teknis Anda masih bisa menggunakan kartu tersebut meskipun sudah lewat dari tanggal masa berlakunya. Dengan catatan, Anda belum mengklaim bahwa kartu kredit Anda sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Tapi mungkin ini tidak berlaku pada semua jenis kartu kredit.

2. Tentang Digit Pertama

Fakta ini mungkin hanya diketahui oleh kalangan-kalangan tertentu saja. Pasalnya tidak semua orang menyadari bahwa ada perbedaan pada digit pertama kartu kredit mereka. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya digit pertama merupakan pembeda jenis kartu kredit. Angka 1 dan 2 adalah kode untuk penerbangan; 3 untuk hiburan dan wisata; 4, 5, 6 untuk perbankan; sedangkan 7, 8, 9 untuk kegunaan lain. Berapa digit pertama kartu kredit Anda?

3. Suku Bunga Naik

Jika punya kartu kredit, maka Anda harus siap membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Pihak bank yang menerbitkan kartu kredit memiliki hak untuk menaikkan suku bunga apabila Anda tidak melakukan pembayaran lainnya, seperti rumah, mobil dan sebagainya. Mungkin ketetapan ini bisa merugikan pemilik kartu kredit. Tapi di sisi lain, pihak bank melakukan aturan tersebut agar tidak mengalami kerugian.

Nah, itu tadi tiga hal yang mungkin perlu diketahui pemilik kartu kredit atau yang baru mau membuat kartu kredit. Bagaimana, apakah Anda semakin berminat atau justru ingin memilih metode pembayaran lain saja?

(Muhammad Sufyan)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit