Sukses

Hanya Orang Introvert yang Ahli Atasi Situasi Ini

Berikut ini situasi di mana hanya orang introvert saja, yang mampu atasi ketimbang orang extrovert

Liputan6.com, Jakarta Bercakap dengan orang yang Memiliki kepribadian tertutup atau introvert memang terkadang memang sulit untuk memahaminya. Untuk yang tidak terbiasa berbincang dengan orang introvert memang seringkali terjadi kesalahpahaman.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Rabu (11/11), mereka yang introvert ternyata juga gemar untuk bersosialisasi. Hanya saja mereka memiliki standar yang berbeda norma sosialnya.

Liputan6.com merangkum beberapa situasi di mana hanya orang introvert saja yang mampu menjalaninya ketimbang extrovert (terbuka) dan ambievert (2 kepribadian).

1. Bukan karena mereka pendiam, berarti tak mampu untuk mengikat hubungan.

Orang introvert lebih suka untuk mendengarkan dan observasi lingkungan mereka. Oleh karenanya, mereka jauh lebih mudah menyelaraskan diri dengan lingkungan sekitar terlepas dari kurangnya mereka melakukan interaksi. Kecenderungan ini membuat mereka jauh lebih teliti dalam menyerap informasi ketimbang ekstrovert.

2. Mereka lebih suka berbincang tentang sesuatu yang dalam.

Orang dengan kepribadian introvert cenderung tidak memilih untuk melakukan perbincangan kecil, tetapi lebih mendalam. Namun, menurut Jennee Rasavong, ahli komunikasi dari lifehack.org, perbincangan kecil terkadang sulit untuk dihindari dan akhirnya mereka cenderung membawa topik obrolan lebih dalam lagi.

3. Meskipun mereka memilih untuk menghindar dari konflik dengan teman atau keluarga, tetapi orang introvert lebih handal untuk mewujudkannya.

Orang introvert adalah pendengar yang baik dan seringkali konflik dan konfrontasi datang dari para ekstrovert. Namun, jangan memandangnya sebelah mata karena orang introvert lebih memahami situasi dan masalah. Ketika konfrontasi terjadi, mereka dapat menggunakan wawasan mereka untuk menjawab permasalahan tersebut.

4. Meskipun mereka tidak menyukai perbincangan kecil, orang introvert jauh lebih pandai dalam presentasi.

Orang introvert dikenal sebagai seorang yang pandai dalam hal public speaking. Mereka jauh lebih bisa memengaruhi massa ketimbang orang extrovert. Mereka jauh lebih matang dalam mempersiapkan materi dan membaca situasi audiens sehingga mudah untuk mengolah pesan untuk orang banyak.

5. Sikap diam mereka dalam sebuah perbincangan berarti berpikir sebelum berbicara.

Perilaku pendiam dan penyendiri adalah alasan orang introvert mendapatkan reputasi sebagai pendengar yang baik. Mereka merefleksikan diri sendiri terlebih dahulu sebelum berbicara sehingga pesan yang disampaikan tepat guna.

 

Sumber. Lifehack.org

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini