Sukses

Apa yang Terjadi Jika Riasan tak dibersihkan Sebelum Tidur?

Ternyata, risiko tak membersihkan makeup sebelum tidur mungkin lebih besar daripada yang Anda duga.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda tahu bahwa kulit harus bersih dari makeup sebelum tidur. Namun, dengan alasan terlalu letih habis bekerja atau berpergian seharian, Anda pun malas melewatkan ritual ini dan langsung tertidur.

Jika masih sering melakukannya, sebaiknya Anda segera menghentikannya. Karena risiko tak membersihkan sisa riasan sebelum tidur mungkin lebih besar daripada yang Anda duga. Apa sebenarnya yang terjadi pada kulit wajah yang tidak dibersihkan dari makeup sebelum tidur?

Pakar kesehatan kulit Dr Eric Schweiger mengatakan, tidur dengan sisa produk riasan yang masih menempel berdampak pada lebih terpaparnya kulit dari radikal bebas di lingkungan. Padahal radikal bebas dapat merusak lapisan kolagen yang sehat pada kulit sehingga menambah jelas garis-garis halus pada kulit.

“Ditambah lagi, makeup dapat menyumbat pori-pori saat Anda tidur. Hasilnya, kulit Anda bisa ditumbuhi jerawat,” ujarnya seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (6/11/2015).

Lantas Anda mungkin berpikir, apa bedanya tertidur dengan makeup dibandingkan seharian beraktivitas dengan makeup, bukankah makeup sama-sama menempel di wajah dalam waktu lama? Faktanya, tertidur dengan makeup menimbulkan dampak kerusakan yang lebih lama pada kulit.

“Sehingga semakin sering Anda tertidur dengan makeup, semakin banyak pori-pori yang tersumbat,” kata Schweiger.

Bahkan untuk makeup mata seperti eyeliner dan maskara, tertidur dengannya juga menimbulkan efek yang buruk. Sebab, makeup mata akan tergosok-gosok dengan bantal selama tidur dan masuk ke mata yang menyebabkan iritasi mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini