Sukses

Belanja Online Lebih Aman dan Tenang dengan Rekening Bersama

Rekening bersama sering digunakan dalam berbelanja online. Sebenarnya apa itu rekening bersama dan apa keuntungannya?

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang hobi berbelanja online, mungkin Anda sudah familiar dengan istilah rekening bersama atau biasa disingkat rekber. Namun, apabila Anda masih bertanya-tanya dengan istilah rekber, mungkin informasi ini berguna untuk Anda. 

Ardyanto Alam, Product Management Forum Online Kaskus saat ditemui Liputan6.com, Kamis (5/11/2015) menjelaskan, rekening bersama biasa digunakan oleh pembeli dan penjual dalam sebuah perdagangan orang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual.

Prinsipnya, rekening bersama adalah pihak ketiga yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Sehingga, penjual tidak akan mendapat uang yang dibayarkan pembeli sebelum mengirimkan barang. Begitu pula sebaliknya, pembeli tidak akan mendapatkan barang bila belum mengirimkan uang kepada pihak rekening bersama.

Keuntungan bagi pembeli adalah pasti akan mendapatkan barang yang dibeli setelah melakukan transfer dana. Sementara bagi pembeli adalah meningkatkan kredibilitas mereka. Serta, percaya atau tidak, rekening bersama juga bisa meningkatkan penjualan, bahkan untuk penjual baru.

Ada banyak penyedia jasa rekening bersama. Ardy menyarankan untuk memilih rekening bersama dengan reputasi baik. Karena bisa jadi rekening bersama juga melakukan penipuan.

Namun, menggunakan rekening bersama juga memiliki kerugian, yakni barang akan dikirim lebih lama daripada bila pembeli mengirimkan dana langsung ke penjual. Sementara penjual biasanya mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya rekening bersama. (Uno/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.