Sukses

Mayor di Balik Nama Kemayoran

Siapa Mayor di balik nama wilayah Kemayoran?

Liputan6.com, Jakarta Pekan Raya Jakarta adalah salah satu event yang lekat dengan identitas area Kemayoran masa kini. Tapi bagaimana dengan masa lalunya?

Wilayah tersebut dulu punya cerita sehingga menghasilkan nama yang dikenal hingga kini. Seperti dijelaskan oleh Rachmat Ruchiat dalam bukunya yang berjudul `Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta`, kawasan itu sebelumnya dikenal dengan nama Mayoran.

Nama tersebut tercantum dalam Plakaatboek dan sebuah iklan pada Java Government Gazette, 24 Februari 1816. Siapakah Mayor yang dirujuk oleh nama itu?

Isaac de l’Ostale de Saint Martin adalah tuan tanah kaya raya yang lahir pada tahun 1629 di Prancis. Karena satu alasan ia memutuskan bergabung dengan VOC.

Dengan pangkat mayor, ia terlibat dalam peperangan di Jawa Tengah dan Jawa Timur ketika kompeni membantu Mataram menghadapi Pangeran Trunojoyo. Mayor ini lah yang namanya kemudian menjadi nama area yang sekarang disebut Kemayoran.

Ribuan hektar tanah yang dimiliknya juga mencakup pinggir sebelah timur sungai Bekasi, sebelah timur sungai Krukut di Tegal Angus, dan di Kawasan Ancol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.