Sukses

Pahami 6 Hal Ini Saat Punya Pacar dari Keluarga yang Bercerai

Memiliki pacar dengan latar keluarga yang bercerai? Simak 6 hal ini agar hubungan Anda bisa berhasil

Liputan6.com, Jakarta Saat sudah jatuh cinta, kita tidak bisa memilih kepada siapa orangnya, latar belakangnya, pekerjaannya, dan lain sebagainya. Salah satunya kepada orang dengan latar keluarga yang bercerai.

Bagaimana pun, perceraian adalah sebuah tragedi dalam kehidupan seseorang yang akan berpengaruh pada lingkungannya, khususnya pada anak. Saat anak tersebut tumbuh dewasa dan memulai sebuah hubungan dengan seseorang maka trauma tersebut tak mudah untuk hilang.

Namun, bagi Anda yang memiliki hubungan spesial, seperti pacaran dengan latar belakang demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Seperti dilansir Lifehack pada Minggu (8/11), Liputan6.com merangkum beberapa hal untuk Anda ingat saat berpacaran dengan seseorang yang memiliki kedua orang tua bercerai.

1. Mereka tidak mudah percaya pada Anda
Saat dewasa, kepercayaan seolah begitu sulit diberikan oleh orang yang memiliki latar orang tua bercerai. Tak hanya kepada keluarga sendiri dan lingkungan saja, tetapi juga pada Anda. Bangun kepercayaan tersebut secara perlahan dan bersabarlah.

2. Mereka masih merasa tersakiti
Perceraian yang dialami orang tua jelas akan berdampak pada anak. Rasa sakit yang anak tersebut rasakan akan tetap terbawa bahkan sampai menginjak usia dewasa dan saat memulai sebuah hubungan.

3. Mereka akan mengandalkan Anda
Saat kondisi kedua orang tua yang bercerai membuat mereka tak tahu harus mengandalkan siapa, Andalah orangnya. Mereka akan cenderung jauh lebih tepat waktu untuk menepati janji karena trauma yang pernah dirasakan dari kedua orang tuanya.

4. Mereka membeci perubahan
Perceraian merupakan perubahan yang menimbulkan traumatik. khususnya pada anak. Hal ini jelas akan terbawa hingga dewasa walau dengan porsi yang lebih kecil. Namun, tetap saja mereka membenci sebuah perubahan karena baginya perubahan sangat menyakitkan.

5. Mereka tak tahu bagaimana membangun hubungan sehat
Untuk mendapatkan kebahagiaan dan hubungan yang sehat terdapat beberapa fondasi yang berlandaskan komunikasi, yaitu saling menghargai, percaya, dan penerimaan. Namun, mereka yang memiliki latar orang tua bercerai tidak pernah mempunyai fondasi kuat sehingga tak memahami cara membangun hubungan sehat.

6. Mereka perhatian
Beberapa orang dengan latar belakang perceraian biasanya jauh lebih perhatian kepada sesama mereka. Ini adalah bentuk dukungan emosional yang mereka utarakan sebagai bentuk rasa trauma yang pernah mereka rasakan. (Ffs/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.