Sukses

Benda yang Dilarang Masuk Microwave

Microwave memang menjadi alat masak andalan. Namun tidak semua benda bisa dimasukkan ke dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Microwave merupakan alat masak yang banyak menjadi andalan di dapur. Tak hanya untuk menghangatkan makanan, alat ini juga bisa untuk memasak makanan baru. Namun, tidak semua bahan makanan atau benda bisa dimasukkan ke dalamnya. Untuk menjaga keawetan microwave dan benda-benda Anda di rumah, ketahuilah benda yang tak bisa dimasukkan ke dalam microwave berikut ini.

Dilansir dari Good Housekeeping pada Kamis (5/11/2015), setidaknya ada 8 barang yang tidak boleh masuk ke dalam microwave.

1. Spons kering
Spons merupakan salah satu benda di rumah yang dapat menyimpan bakteri. Namun, memasukkan spons kering ke dalam microwave demi membunuh bakteri merupakan ide yang buruk. Itu karena microwave bereaksi dengan air sehingga bila spons kering dimasukkan dalam microwave justru akan merusaknya, bahkan memicu timbulnya api. Berbahaya bukan?

2. Wadah makanan mengandung logam
Sebelum memasukkan makanan ke microwave, Anda perlu memperhatikan pula wadah yang Anda gunakan. Wadah makanan dengan logam perlu dihindari karena akan memicu api.

3. Telur dengan kulit utuh
Mungkin Anda berpikir telur Anda bisa menjadi telur rebus dengan memasukkannya ke dalam microwave. Namun, kulit telur yang utuh akan membuat uap dari dalam telur tak bergerak dan telur bisa meledak. Hal ini bisa dihindari dengan memecahkan sedikit kulit telur.

4. Alumunium foil
Benda ini dapat menghambat energi microwave sehingga bukan benda yang baik dimasukkan ke dalam microwave. Kalaupun mau digunakan, pastikan Anda memakai sesedikit mungkin seperti hanya di pojok wadah makanan, dan sebagainya.

5. Herba
Kandungan air dalam herba sedikit sehingga memasukkannya ke dalam microwave berpotensi menimbulkan api.

6. Wadah plastik
Wadah plastik yang tidak bertulisan “micowave safe” tidak aman dimasukkan ke microwave karena akan membuatnya meleleh dan terbakar.

7. Wadah kertas
Kertas pembungkus makanan yang berwarna cokelat sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam microwave karena akan memicu api.

8. Pakaian
Agar cepat kering, mungkin Anda tergoda untuk memasukkan pakaian ke dalam microwave. Namun, ini merupakan ide buruk mengingat hal ini bisa memicu api. (Uno/Ibo)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini