Sukses

DIY: Melancarkan Lubang Saluran Pembuangan Air Tanpa Merusak Pipa

Lagi-lagi bahan dapur dapat menjadi solusi dari masalah di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan berubahnya gaya hidup yang kini serba instan, produksi berbagai produk perawatan perabot rumah pun semakin meningkat. Melancarkan lubang saluran pembuangan air yang tersumbat dengan bahan kimia memang mudah, tapi apakah Anda memikirkan efek samping yang bisa berdampak buruk untuk pipa Anda? Berikut ini dilansir dari Purewow.com pada hari Rabu (04/11/2015), DIY untuk melancarkan saluran pembuangan air di rumah Anda dengan menggunakan bahan dapur. 

 

Bahan yang dibutuhkan:

Obeng & gunting

Sarung tangan karet, dasi kabel & kain lap

Cuka putih

Baking soda

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah - langkah

Langkah 1:

Buka penutup lubang saluran pembuangan dengan menggunakan obeng.

Langkah 2:

Dengan menggunakan sarung tangan karet, angkat gumpalan kotoran yang bisa Anda angkat dengan tangan.

Langkah 3:

Gunakan gunting Anda untuk memotong notches (bagian ujung untuk mengunci ikatan) yang ada pada dasi kabel. Masukan dasi kabel ke dalam lubang saluran pembuangan air untuk mengeluarkan rambut yang menyangkut pada lubang saluran pembuangan air yang tersumbat, lalu gunakan tangan Anda untuk menarik dan membersihkan rambut yang tersangkut pada dasi kabel. Ulangi proses ini hingga tak ada lagi rambut yang tersangkut pada dasi kabel.

Langkah 4:

Tuangkan ½ cup baking soda ke dalam saluran pembuangan air, disusul dengan ½ cup cuka putih, kemudian tutupi lubang saluran pembuangan air dengan kain lap yang basah. Biarkan baking soda dan cuka putih menggelembung hingga sepuluh menit.

Langkah 5:

Angkat kembali kain lap dan bilas lubang saluran pembuangan dengan air panas. Ganti tutup saluran pembuangan dengan yang baru.

 

(Ern/Vyo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.