Sukses

Warna Bola Mata Berlainan, Normalkah?

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang memiliki warna bola mata berbeda? Menurut Anda itu kelainan atau keindahan?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang memiliki warna bola mata berbeda? Awalnya mungkin Anda berpikir bahwa hal tersebut terjadi karena menggunakan kontak lensa yang berbeda.

Namun, nyatanya fenomena ini dalam dunia medis dan disebut Heterochroma Iridium yang merupakan kelainan pada iris mata. Biasanya kelainan ini menjadikan bola mata Anda ada yang berwarna terang dan gelap.

Seperti dilansir dari livescience.com pada Selasa (3/11), paling tidak di Amerika, ada 11 dari 1.000 orang yang memiliki warna berbeda di kedua bola matanya.

Warna mata yang berbeda tersebut disebabkan oleh jumlah melanin pada iris. Beberapa penyebab dari kelainan warna bola mata ini dikarenakan oleh beberapa hal, seperti keturununan, trauma, atau treatmen pengobatan yang mengakibatkan kurang atau bertambahnya pigmentasi pada salah satu iris mata.

Orang dengan warna rambut dan kulit yang cenderung gelap cenderung memiliki jumlah melanin banyak sehingga warna mata menjadi cokelat. Sedangkan, orang yang memiliki warna rambut dan kulit cenderung pucat, seperti orang Amerika dan Eropa cenderung sedikit jumlah melaninnya sehingga warna mata bervariasi dan lebih terang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.