Sukses

Netizen Usulkan Pak Raden Jadi Pahlawan Budaya

Sebuah petisi di internert yang ditandatangi lebih dari 5.000 orang mengusulkan Pak Raden jadi Pahlawan Budaya.

Liputan6.com, Jakarta Sosok Pak Raden, pria berkumis tebal pencipta serial boneka Si Unyil itu begitu lekat di hati anak-anak Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Sepak terjang dan karya inspiratif Pak Raden telah mendorong munculnya sebuah petisi di Change.org, yang mengusulkan Menteri Sosial agar memberi gelar 'Pahlawan Budaya' kepada Pak Raden sebagai penghargaan jasanya mendidik bangsa.

Petisi berjudul “Jadikan Pak Raden (Drs Suyudi) sebagai Pahlawan Budaya” itu dibuat oleh Saya Indonesia, sebuah LSM yang berlokasi di Sanur, Bali.

Hingga pukul 17.00 hari ini, Selasa (3/11/2015) sudah lebih dari 5800 tandatangan dukung petisi.

Berikut kutipan petisinya di www.change.org/PakRaden
“Sepak terjang Drs Suyudi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Raden di dalam karyanya yaitu Serial SI UNYIL telah melegenda.
Beliau melalui serial SI UNYIL berusaha mendidik bangsa dan karenanya beliau pantas untuk diberi gelar Pahlawan Budaya.

Hal ini juga disampaikan oleh budayawan Jajang C. Noer dalam kalimatnya, "Beliau ini pahlawan budaya karena karya-karyanya bisa mengubah hidup orang banyak."

Mari kita semua dukung beliau menjadi Pahlawan Budaya. Berikan yang dukungan Anda semua sebagai bentuk perhatian kepada beliau, karena Si Unyil secara tidak langsung menjadi bagian dari proses tumbuh kita. #pakradenpahlawanbudaya.

Salah seorang penandatangan petisi, Aisyah Darojati mengatakan, “Saya ingin berterima kasih kepada Pak Raden, atas jasa dan dedikasi beliau sepanjang hidupnya untuk mendidik anak-anak bangsa. Beliau lebih dari layak dinobatkan menjadi Pahlawan Budaya. Generasi setelah kita pun perlu tahu, pernah ada, sosok bersahaja namun begitu berjasa, seperti beliau.”

“Saya suka Si Unyil sejak kecil, masa kecil saya bahagia karena serial Si Unyil . Pak Raden membuat kami ceria di masa kanak-kanak," kata Adirama Putu, salah seorang pendukung petisi.

Sementara itu, Jemmy Yulia, pendukung petisi lainnya mengatakan, “Pesan moral dari serial unyil sudah sulit ditemukan pada film anak-anak yang ada di TV nasional saat ini." (Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.