Sukses

Ingin Jadi Ayah yang Baik? Ini Caranya!

Siapa saja bisa jadi seorang Ayah. Namun tidak semua laki-laki bisa jadi seorang Ayah yang baik bagi anak-anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa saja bisa jadi seorang Ayah. Namun, bagaimana bisa jadi seorang Ayah yang baik untuk anak-anaknya?

Ayah yang baik akan sangat mempengaruhi kehidupan anaknya kelak. Sosok Ayah merupakan pembibing yang menjadi pilar atas kekuatan, dukungan, dan disiplin dalam kehidupan anak-anaknya.

Seperti dilansir Ask Men, Selasa (3/11/2015), menjadi seorang Ayah yang baik tidak semudah seperti kelihatannya. Berikut cara menjadi seorang Ayah yang baik untuk anak-anaknya.

1. Seorang Ayah memiliki kedisplinan yang baik
Seorang Ayah yang baik pasti cinta pada anak-anaknya, tetapi rasa cinta tersebut bisa jadi buah simalakama. Pasalnya, ketika sang anak berbuat kesalahan, sang Ayah tidak harus selalu membela, tetapi juga memberikan hukuman yang mendidik. Sudah pasti hal tersebut di mulai dari diri sendiri.

2. Menjadi seorang Ayah harus berpikiran terbuka
Zaman makin berkembang, dan lingkungan dapat membentuk seseorang jadi baik atau jahat. Di sinilah peran seorang Ayah yang membimbing anaknya untuk bisa diajak diskusi dengan pikiran terbuka. Pikiran terbuka akan membuat sang anak berani untuk berdiskusi perihal kehidupannya kepada Ayahnya dan menghindarkannya dari pengaruh buruk.

3. Seorang Ayah bisa mengajari anak untuk menghargai sesuatu
Seorang ayah yang baik tidak membiarkan anaknya untuk mengambil apa yang mereka mau begitu saja. Menghargai sesuatu dari proses adalah suatu hal yang harus seorang Ayah ajarkan kepada anaknya. Sang anak nantinya tidak akan mudah membuang atau melepas sesuatu saat terdidik untuk menghargai proses.

4. Seorang Ayah yang baik memberikan waktu berkualitas untuk anaknya
Seorang Ayah juga harus bisa merasakan kesenangan ketika bersama anaknya dan tidak hanya ketika bersama teman-temannya. Bermain games, menonton film bersama, atau memberikan dukungan ketika sang anak bertanding adalah satu bentuk waktu berkualitas yang diberikan Ayah kepada anaknya. Dengan begitu sang anak tidak merasa kehilangan sosok sang Ayah.

5. Seorang ayah harus bisa jadi contoh yang baik untuk anak
Sepertinya ini adalah bagian yang cukup sulit untuk sebagian orang, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba. Menjadi seorang ayah yang baik memang perlu banyak pengorbanan tak hanya untuk anak-anaknya tetapi juga untuk dirinya. Sang anak akan meniru apa yang jadi kebiasaan ayahnya sehingga mulailah jadi contoh baik dari diri sendiri. (Ffs/Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.