Sukses

Tradisi dan Budaya Lokal yang Menunjang Pariwisata

Belum lengkap rasanya jika traveling ke berbagai tempat menarik tanpa menyaksikan budaya dan tradisi masyarakat lokalnya.

Liputan6.com, Jakarta Belum lengkap rasanya jika traveling ke berbagai tempat menarik tanpa menyaksikan budaya dan tradisi masyarakat lokalnya, mengingat dalam budaya dan tradisi lokal tentu akan ada banyak hal menarik, yang bahkan belum pernah Anda saksikan sebelumnya.

Menusukkan diri dengan benda tajam dalam pertunjukkan debus, atau saling menuangkan bir dalam Oktober Fest di Jerman misalnya, akan menjadi pembeda dalam perjalanan wisata Anda. Tak hanya keindahan alam, dalam wisata tradisi Anda juga mendapatkan banyak cerita dari banyak kejadian yang Anda saksikan sendiri.

Dilansir dari Roughguides, Selasa (3/11/2015), berikut 6 tradisi dan budaya yang ada di berbagai negara, yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mengunjunginya.

Tradisi Boneka Kayu

foto: roughguides.com
Penuh warna dan menawan, itulah gambaran boneka kayu kecil yang telah ada di Sisilia sejak abad ke-14. Menampilkan sosok jenaka dalam berbagai figur, pertunjukkan boneka kayu inii telah menjadi budaya dan tradisi di Catania, Siracusa, dan Taormina. Namun demikian, pertunjukkan terbaik menurut banyak orang tetap berada di Palermo, Italia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Festival Folklor

Festival Folklor

foto: roughguides.com
Festival Folklor selalu digelar pada pekan terakhir bulan Juli di Kroasia. Sebagian besar pertunjukkan berlangsung di bagian atas kota, dengan panggung utama di Ban Jelacic. Festival Folklor Kroasi merupakan momentum bagi masyarakat lokal untuk mempertunjukkan khazanah sastra lisan yang ada di negara tersebut. Tak hanya itu, bahkan acara ini juga diramaikan oleh tradisi folklor dari berbagai negara lain, seperti Irak dan Zimbabwe.

3 dari 6 halaman

Tari Panyembrahma

Tari Panyembrahma

foto: roughguides.com
Menari telah menjadi tradisi dan budaya bagi masyarakat Bali. melebihi fungsinya sebagai hiburan yang bersifat profan, tari bali juga kerap ditampilkan dalam kesan mistik yang terbalut tradisi dan budaya setempat. Tari Panyembrahma merupakan salah satu tari Bali yang memadukan gerak sempurna antara pergelangan tangan, jari, leher, dan mata. Banyak dikagumi banyak wisatawan mancanegara, tari Panyembrahma adalah tarian-drama yang yang telah berevolusi dari bentuknya yang sakral.

4 dari 6 halaman

Fiesta de la Virgen de Carmen

Fiesta de la Virgen de Carmen

foto: roughguides.com
Banyak pesta dan karnaval yang digelar untuk memperingati suatu hal, namun tak ada yang lebih gila dari apa yang dilakukan dalam perayaan Fiesta de la Virgen de Carmen di Paucartambo. Festival yang selalu dilaksanakan di sebuah desa yang berlokasi di dataran tinggi hutan hujan di Peru ini menghadirkan banyak kemeriahan, mulai dari black mask yang mengingatkan kita pada budak Afrika, hingga penari-penari tradisional dengan tampilannya yang aneh. Jika Anda ingin menyaksikan kegilaan ini, datanglah ke Peru pada pertengahan Juli.

5 dari 6 halaman

Opera Tiongkok

Opera Tiongkok

foto: roughguides.com
Mengenakan kostum yang rumit dan lapisan make-up yang tebal, opera Tiongkok menjadi pertunjukkan yang paling ditunggu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke negeri Tirai Bambu. Perpaduan antara seni tari, bela diri, dan seni musik menjadikan opera Tiongkok sebagai salah satu pertunjukan tradisional yang harus disaksikan saat Anda melancong ke negeri ini.

6 dari 6 halaman

Minum Teh dalam Bioskop

Minum Teh dalam Bioskop

foto: roughguides.com
Beijing memiliki banyak bioskop rumah, yang memungkinkan Anda dapat duduk dan makan makanan ringan sambil menonton pertunjukkan tradisional. Musik yang keluar dari kecapi, hidangan teh yang khas, dan penjajanya yang bergaya tradisional, tentu menghadirkan suasana oriental yang otentik. (Ibo/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.