Sukses

Cara Alami Kembalikan Kesegaran Kulit Setelah Liburan

Berlibur tak hanya meninggalkan kesan yang menyenangkan, tapi juga kulit kering dan gosong akibat paparan sinar matahari.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda khususnya para wanita, pulang liburan tak hanya meninggalkan kesan yang menyenangkan, tapi juga kulit yang gosong dan kering. Berlama-lama di bawah terik matahari saat berlibur, seperti bertualang di alam bebas, atau ke pantai akan membakar kulit, dan menjadikan penampilan kulit Anda nampak berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/11/2015), berikut beberapa cara alami yang bisa mengembalikan kulit Anda nampak sehat dan segar kembali setelah berlibur.

1. Olesi dengan madu
Madu memiliki manfaat yang banyak dan beragam. Selain mencegah kanker, mencegah diabetes, dan meningkatkan metabolisme tubuh, ternyata madu juga punya khasiat untuk menyembuhkan dan melembabkan kulit yang radang akibat sinar matahari langsung. Caranya adalah dengan mengoleskan madu alami ke bagian kulit yang terbakar akibat sinar matahari

2. Dinginkan kulit dengan timun atau tomat
Untuk mengatasi kulit yang terbakar, irisan timun atau tomat yang sudah ditaruh di lemari pendingin terlebih dahulu dapat berkhasiat. Keduanya memiliki kemampuan untuk mendinginkan kulit Anda yang terbakar akibat sinar matahari saat berlibur.

3. Olesi dengan Lidah Buaya (Aloe Vera)
Lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan yang menyejukkan kulit manusia. Tumbuhan ini efektif untuk mendinginkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Jika Anda tidak ingin repot menyiapkan Aloe Vera, bisa menggunakan krim atau lotion yang marak dijual di pasaran dan memiliki kandungan tumbuhan tersebut.

4. Vitamin C dan E
Untuk mengembalikan kulit Anda seperti sedia kala akibat terbakar sinar matahari saat liburan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dan E. Hal tersebut memiliki manfaat untuk memberikan asupan anti oksidan yang dibutuhkan kulit saat peradangan terjadi akibat terbakar matahari. Sepulangnya dari liburan yang membuat kulit Anda terbakar, dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai sayuran hijau, wortel, kacang, dan makanan antioksidan lainnya.

5. Air Putih
Sederhana tapi sering luput untuk dikonsumsi, air putih atau air minum mineral. Salah satu efek yang ditimbulkan sengatan matahari pada kulit adalah dehidrasi. Sedangkan air bermanfaat untuk melembabkan sel kulit sehingga tidak terjadi peradangan akibat sengatan matahari. Hal tersebut jelas akan membantu kulit Anda untuk kembali segar secara alami. (Ffs/Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini