Sukses

Karang Bolong Pantai Bawana, Ikon Baru Wisata Pantai Pulau Sumba

Salah satu pantai yang sedang diperhatikan Pemerintah Daerah Sumba dalah Pantai Bawana.

Liputan6.com, Jakarta ISTILAH Sumba sebagai surga tersembunyi rasanya sangat pas, mengingat banyaknya tempat indah yang masih belum terjamah manusia. Salah satunya adalah Pantai Bawana, yang terletak di wilayah Kodi, Sumba Barat Daya. Pantai Bawana, ternyata bagi sebagian masyarakat Sumba juga masih dianggap baru sebagai sebuah wahana wisata. Padahal, pantai yang 'baru ditemukan' ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Sebuah tebing karang setinggi lebih kurang 5 meter dengan lubang besar di tengah atau yang disebut dengan karang bolong menembus hingga sisi dalam, sehingga tampak seperti sebuah pintu gerbang, berdiri kokoh di bibir pantai. Hamparan pasir nan putih serta air laut yang biru bening, ditambah deburan ombak yang berkejaran bakal para pengunjung berdecak kagum.

Sejatinya pantai ini sudah lama ada, namun oleh masyarakat setempat yang tahu keindahan pantai ini tidak tahu harus diapakan pantai ini selain hanya sebagai tempat santai buat mereka. Hingga akhirnya baru diketahui oleh pemerintah daerah setempat sejak 2 bulan terakhir. 

“Masyarakat sekitar tahu tapi tidak merasa bahwa itu harus dilaporkan. Orang sudah biasa pergi ke sana, tapi belum populer. Pastor Robert yang memotret pertama kali dan memuatnya di kanvas” jelas Pastor Willy Ngongo, CSsR.

Setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa Pantai Bawana ini bisa dipamerkan ke seluruh nusantara, pemerintah setempat pun segera memperbaiki infrastruktur menuju ke pantai. Maklum sebelumnya belum ada akses jalan menuju ke lokasi.

Pemerintah daerah akhirnya melihat ini sebagai potensi wisata yang bisa berkembang di kemudian hari. Pantai Bawana seperti pantai-pantai lain bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Pulau Sumba yang bisa mendatangkan banyak wisatawan baik domestik maupun wisawatan mancanegara. “Saat ini sedang dikerjakan akses jalan aspal menuju ke pantai ini,”lanjut Pastor Willy, Romo kelahiran Kodi, Pulau Sumba ini.

Selain pintu gerbang karang yang menjadi ikon Pantai Bawana ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pantai lainnya. Persis disebelah Pantai Bawana, masih dalam garis pantai yang sama, terdapat pula pantai yang tak kalah cantik. Pantai ini diberi nama Watumalado. Sepanjang pantai menyajikan hamparan pasir putih serta laut biru yang bening serta beberapa batu-batu karang yang menjulang di tengah laut dan bibir pantai.

Pengunjung yang hendak pergi ke Pantai Bawana, dari Jakarta bisa memilih penerbangan ke Pulau Sumba, turun di Bandara Tambolaka. Biasanya pesawat bakal transit dahulu di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali untuk ganti pesawat kecil menuju Bandara Tambolaka. Kemudian dari Bandara Tambolaka dilanjutkan dengan mengendari Taksi atau Travel menuju Pantai Bawana, ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. (Retno Wulandari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini