Sukses

Bukit Watu Meja Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Banyumas

Bukit Watu Meja (Batu Meja, red.) di Desa Tumiyang berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Banyumas

Liputan6.com, Jakarta Bukit Watu Meja (Batu Meja, red.) di Desa Tumiyang berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Banyumas, kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Deskart Setyo Jatmiko.

"Hanya saja di sana belum terbentuk desa wisata, minimal organisasinya, yakni kelompok sadar wisata atau pokdarwis. Jangan sampai nanti saat kami meluncurkan program-program, tidak ada yang menerima," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/10/2015).

Ia mengakui bahwa pihaknya sebenarnya bisa mendorong Pemerintah Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, untuk membentuk pokdarwis sebagai organisasi yang akan mengelola desa wisata.

Akan tetapi jika pembentukan pokdarwis itu dilakukan atas dorongan Dinporabudpar, kata dia, masyarakat setempat dikhawatirkan tidak cocok terhadap komposisi di dalam organisasi tersebut.

"Memang harusnya ada lembaga partisipatif yang didorong oleh pemerintahan setempat untuk membangun Watu Meja. Paling bagus yang mendorong adalah desa yang memangku wilayah tersebut, yakni Desa Tumiyang," katanya.

Menurut dia, pengembangan Bukit Watu Meja yang sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal dalam beberapa bulan terakhir itu dilakukan oleh masyarakat setempat yang mendapat dorongan dari Pemerintah Kecamatan Kebasen.

Berdasarkan surat dari Pemerintah Kecamatan Kebasen, kata dia, wisata alam yang ditawarkan berupa melihat keindahan lembah Sungai Serayu dari atas Bukit Watu Meja.

Lebih lanjut, Deskart mengatakan bahwa budaya perairan yang dimiliki Desa Tumiyang dapat digarap sebagai potensi wisata.

"Budaya itu tidak hanya tarian-tarian saja tapi bagaimana pola kehidupan sehari-harinya, sistem ekonominya, lalu pranata sosialnya seperti apa, bahasa, dan lain-lain," katanya.

Bukit Watu Meja merupakan sebuah bukit yang di salah satu sudutnya terdapat batu menyerupai meja.

Dari atas Bukit Watu Meja, wisatawan dapat melihat keindahan lembah Sungai Serayu yang berkelok termasuk jembatan kereta api yang melintas di atasnya.

Bukit Watu Meja mudah dijangkau karena berada di jalan alternatif Patikraja (Banyumas)-Sampang (Cilacap) yang merupakan jalan lama penghubung Purwokerto-Cilacap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.