Sukses

6 Destinasi Wisata Terpopuler di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki rupaneka keindahan alam. Berikut 6 destinasi wisatanya yang paling populer.

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Jawa Timur yang beribukotakan Surabaya secara umum memiliki luas wilayah sekitar 47.963 km persegi. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu Jawa Timur daratan dan Kepulauan Madura. Jawa Timur yang terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota ini tak hanya kaya dengan seni dan budayanya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang menawan.

Banyak wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang menjadikan Jawa Timur sebagai salah satu destinasi liburan mereka. Pasalnya selain selalu diramaikan dengan berbagai festival dan gelaran seni, Jawa Timur memiliki keindahan alam yang beranekaragam, mulai dari pantai hingga gunung.

Berikut 6 destinasi wisata terpopuler yang ada di Jawa Timur, yang disusun tim Liputan6.com, Sabtu 24 Oktober 2015.

Kawah Ijen

Keindahan fenomena api biru di Kawah Ijen
Secara geografis, kawasan Gunung Ijen masuk dalam tiga kawasan tiga kabupaten, yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Gunung Ijen terkenal dengan kawahnya yang menyemburkan api berwarna biru saat malam hari. Selain itu, Danau Ijen yang berwarna biru toska juga menjadi alasan mengapa para wisatawan perlu berkunjung ke Gunung Ijen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura


Madakaripura merupakan air terjun dengan karakteristik bentuknya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada bentuk dinding air terjun yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didadulat sebagai air terjun tertinggi dan terindah di Jawa Timur. Selain indah, air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini juga diyakini sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada.

3 dari 6 halaman

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo
Tak hanya menjadi habitat bagi sekawanan hewan endemik Jawa Timur, Alas Purwo juga menjadi kawasan yang dikelilingi berbagai destinasi bertemakan ‘wild’ yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Plengkung yang menjadi primadona bagi mereka yang hobi berselancar.

4 dari 6 halaman

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Indahnya Jembatan Suramadu di malam hari.
Jembatan yang menghubungkan daratan Jawa Timur dengan Kepulauan Madura ini merupakan jembatan yang tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur, tetapi juga menjadi kebanggaan Indonesia. Menjadi penghubung bagi 4.000 mobil dan 8.000 motor setiap hari, jembatan Suramadu ditopang oleh dua menara yang memiliki tinggi mencapai 140 meter dari atas air, dan disanggah oleh 144 kabel penopang yang di tanam dengan fondasi sedalam 100 meter. Jembatan Suramadu menjadi salah satu destinasi wisata bagi mereka yang berkunjung ke Surabaya. Selain menjadi kebanggaan, jembatan ini terlihat menawan ketika malam hari.

5 dari 6 halaman

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. | via: balurannationalpark.web.id
Tidak perlu jauh pergi ke Afrika untuk melihat padang savana yang dipenuhi monyet ekor panjang dan banteng, karena di Indonesia terdapat Taman Nasional Baluran. Tak hanya menyimpan beranekarupa hewan eksotik khas Indonesia, Taman nasional baluran juga kaya akan flora. Dari 444 jenis flora yang ada, 24 di antaranya merupakan tanaman eksotis dan tanaman obat yang dilindungi.

6 dari 6 halaman

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah. | via: initempatwisata.com
Pantai ini terletak di kabupaten Banyuwangi. Pantai yang memiliki ombak menawan ini kerap menjadi pilihan para peselencar untuk menunjukkan keahliannya. Memasuki akhir pekan, Pantai Pulau Merah menjadi pilihan liburan keluarga. karakteristik ombak yang saling berbenturan menjadikan beberapa bagian pantai ini cocok untuk dijadikan tempat bermain anak. Karakteristik utama Pantai Pulau Merah adalah batu karang yang menyerupai gunung di bibir pantai. Saat sedang surut, para wisatawan bisa menjelajahi pulau karang tersebut. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini