Sukses

Diet? Ketahui Jumlah Kalori 10 Kuliner Indonesia Terpopuler

Berikut ini adalah info kalori pada 10 kuliner Indonesia terpopuler untuk bantu program diet kamu.

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan kalori setiap manusia berbeda-beda. Kebutuhan kalori tergantung usia, aktivitas, dan berat badan.

Walau begitu tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam makanan. Tujuannya tak lain untuk mencegah jumlah kalori yang berlebih sehingga menumpuk di dalam tubuh.

Berikut ini informasi jumlah kalori 10 hidangan Indonesia yang wajib kamu ketahui: 

1. Pempek

Seporsi pempek yang terbuat dari tepung sagu, telur, dan minyak mengandung sekitar 240-380 kalori.

2. Gado-Gado

Menu lontong dan sayur-mayur yang disiram bumbu kacang ini mengandung sekitar 488 kalori. Gado-gado mengandung banyak jenis nutrisi di dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Bakso

Semangkuk bakso daging sapi dengan mie dan pelengkap lainnya mengandung sekitar 325 kalori. Walaupun kalorinya terbilang rendah, jumlah lemak dalam bakso tinggi, lho. Jadi, tetap perhatikan porsimu ya.

4. Nasi Soto Ayam

Semangkuk nasi dengan soto yang ditaburi daging ayam, bihun, dan telur mengandung sekitar 596 kalori. Triknya, kurangi porsi nasi agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

 

3 dari 5 halaman

5. Mie Instan

Sebungkus mie instan mengandung sekitar 350-400 kalori. Namun hati-hati, jika kamu makan dua bungkus mie instan sekaligus, ditambah telur dan nasi, ini berbahaya! Karena, kamu dapat mengkonsumsi total 900-1000 kalori.

6. Nasi Campur

Nasi campur di berbagai daerah Indonesia yang bervariasi isinya. Jumlah kalori yang umum ditemukan pada nasi campur adalah sekitar 680 kalori. Nasi campur yang terdiri dari berbagai macam lauk dan sayuran, gizinya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

4 dari 5 halaman

7. Nasi Goreng

Makanan yang didominasi oleh nasi, daging, telur, dan minyak goreng ini memiliki kalori yang terbilang tinggi, yaitu sekitar 740 kalori! Hindari makan nasi goreng di malam hari agar dietmu berhasil, ya!

8. Nasi Rawon

Nasi rawon mengandung sekitar 680 kalori per porsinya, yang didapat dari daging dan nasi. Ini belum termasuk dengan lauk pendamping rawon seperti tempe goreng, telur asin, dan kerupuk udang.

 

 

5 dari 5 halaman

9. Nasi Pecel

Menu yang didominasi oleh nasi, sayuran dan bumbu pecel ini mengandung sekitar 496 kalori. Tapi kamu tetap harus mengawasi jumlah kalori pada lauk tambahan seperti tempe, telur, dan dadar jagung yang belum termasuk dalam jumlah kalori tadi.

10. Sate Ayam

Seporsi sate ayam yang berisi 10 tusuk sate dan lontong dengan bumbu kacang atau kecap mengandung 681 kalori. Agar tetap ramping, cukup makan 5-6 tusuk sate saja per porsinya dan hindari terlalu banyak mengonsumsi lontong.

 

Jika Anda mencari atau menyewa layanan jasa konsultan gizi, Seekmi.com memiliki banyak pengalaman dalam menemukan jasa yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan Anda. Daftarkan segera atau hubungi Seekmi untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

(Seekmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini