Sukses

2 Desa Favorit di Jambi Siap Diresmikan Jadi Destinasi Wisata

Jambi memiliki dua desa wisata yang kerap dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai negara.

Liputan6.com, Jambi Pemprov Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, menyatakan akan segera meresmikan dua desa unggulan sebagai destinasi wisata di daerah itu. 

Guntur, Kepala Destinasi Wisata Disbudpar Jambi mengatakan, dua desa tersebut adalah Desa Muaro Jambi di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi dan Desa Lempur di Kecamatan Lempur, Kabupaten Kerinci.

"Saat ini tengah dilakukan pembenahan di dua desa tersebut. Kemudian awal 2016 nanti akan diresmikan dan selanjutnya akan didaftarkan ke Kementerian Pariwisata," ujar Guntur kepada Liputan6.com di Jambi, Jumat (23/10/2015)

Menurut Guntur, potensi wisata di dua desa tersebut sangat besar, apalagi potensi tersebut dibalut kearifan lokal masyarakat setempat.

Lebih jauh Guntur menjelaskan, dalam pengembangan desa wisata tersebut, harus ada dorongan kerja yang mempunyai skema dari berbagai sektor. Apalagi saat ini destinasi desa wisata tengah menjadi favorit bagi turis asing karena mempunyai nilai dan daya tarik tersendiri.

"Saat ini kebanyakan turis asing mencari desa wisata, karena desa wisata itu mempunyai daya tarik yang berbeda, salah satunya budaya dan kearifan lokal," ungkap Guntur.

Keunggulan di Desa Muaro Jambi merupakan sebuah pedesaan yang warganya masih erat memegang kearifan lokal. Desa di Kabupaten Muaro Jambi ini juga terintegrasi dengan komplek percandian terluas di Asia, yakni Candi Muaro Jambi.

Sementara itu, Desa Lempur memiliki potensi karena lokasinya terintegrasi dengan kawasan agro wisata dan pemandian air panas. Selain itu Desa Lempur merupakan satu-satunya desa yang memiliki lima danau sekaligus dengan berbagai karakter, salah satunya Danau Kaca yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Bahkan, kata Guntur, di Desa Lempur tersebut saat ini sudah ada paket tour ekspedisi 5 danau selama 3 hari yang sangat digandrungi oleh turis-turis asing dari berbagai negara.

Desa Lempur juga terintegrasi dengan dua objek wisata alam terbesar di Provinsi Jambi, yakni Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh. (Bangun Santoso/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.