Sukses

Strategi Agar Anak Hobi Baca Sejak Dini ala Nila Tanzil

Ini cara membuat anak Anda suka membaca buku sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta "Buku adalah jendela dunia." ungkapan ini sepertinya cocok untuk menjadi alasan mengapa perlu memperkenalkan anak dengan buku sejak dini. Namun miris, banyak anak Indonesia saat ini, terlebih yang berada di Indonesia bagian timur, masih belajar dengan fasilitas minim yang berpengaruh pada tingkat membaca anak yang rendah.

Hal tersebut yang mendorong Nila Tanzil, seorang travel blogger, yang juga aktivis peduli lingkungan dan sosial mendirikan Taman Bacaan Pelangi. Taman bacaan yang telah dibangun sekitar 6 tahun lalu ini merupakan organisasi nirlaba yang fokus pada pengelolaan perpustakaan anak-anak. Didirikannya taman bacaan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak, khususnya yang berada di Indonesia timur dengan membawa pemahaman bahwa membaca itu menyenangkan.

Nila Tanzil Pendiri Taman Bacaan Pelangi memberikan tips agar anak suka membaca

Nila Tanzil saat ditemui tim Liputan6.com di Grand Indonesia, Kamis (22/10/2015) mengungkapkan, ada beberapa hal yang dapat memicu agar anak-anak suka membaca. Dengan rajin membaca mereka dapat memiliki masa depan yang lebih baik dan mengubah daerah asal mereka. Berikut dua tips dari Nila Tanzil agar anak suka membaca.

Pilihan Buku

Pilihan buku merupakan faktor terpenting untuk membuat anak senang membaca. Hal ini menjadi alasan mengapa buku-buku yang tersedia di Taman Bacaan Pelangi hanya terdiri dari buku cerita, dan bukan buku pelajaran. Buku pelajaran telah mereka baca selama jam pelajaran sekolah, sehingga untuk membuat mereka semakin senang membaca memberikan pilihan buku yang menarik dan mendidik adalah langkah yang tepat. Buku-buku tersebut bisa saja seperti buku cerita dongeng, buku biografi tokoh kartun, dan buku tentang masa depan dan cita-cita. Anak-anak akan lebih tertarik dengan gambar sehingga berikanlah mereka buku cerita yang menggunakan gambar dan warna yang ceria.

Peran Orang Tua

Menurut survei juga ditemukan bahwa anak yang suka membaca merupakan anak yang sewaktu kecil didongenkan oleh orang tuanya. Inilah mengapa peran orang tua juga menjadi penentu membuat anak suka membaca. Bagi para ibu tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk membacakan cerita dongeng untuk anak Anda sebelum tidur untuk membuat mereka memiliki keingin membaca yang baik di masa depan. (Mit/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini