Sukses

Ini Dia Batik Iriana Jokowi yang Bikin Ratu Denmark Terpesona

Iriana mengenakan salah satu jenis batik model kebaya berwarna oranye untuk menyambut kedatangan Ratu Margrethe II.

Liputan6.com, Jakarta Keanggunan ibu negara Iriana Jokowi dalam balutan batik kembali mendapat pujian. Tak tanggung-tanggung, kali ini pujiannya langsung dari Ratu Denmark, yakni Ratu Margrethe II. Sang Ratu Denmark sampai perlu menanyakan khusus batik Iriana kepada Presiden Joko Widodo.

Momen terjadi saat kunjungan kehormatan pemimpin Kerajaan Denmark, Ratu Margrethe II beserta Pangeran Consort Henrik di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015) kemarin.

Iriana  memang kerap mengundang decak kagum saat ia memakai kebaya dan batik. Ibu Negara ini pandai memadukan warna yang cocok dengan dirinya, hingga aura keanggunan dirinya terpancar kuat.

Memakai kebaya Jawa berwarna oranye, dipadu batik klasik bercorak lereng lengkap selendang yang diselempangkan di bahu kanan, Iriana tersenyum manis menyambut Ratu Margrete. Tak lupa, ia menyematkan bros perak berukuran sedang di bagian dadanya.

Batik Ibu Iriana Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ratu Margrethe II ternyata sangat tertarik dengan batik dan berbagai warisan budaya di Indonesia. Ratu pun sempat bertanya mengenai proses pembuatan dan jenis batik tersebut, yang kemudian dijelaskan Presiden Jokowi. ‎

"Y‎ang ditanyakan pembuatannya berapa hari, saya bilang yang ini (yang dipakai Iriana) untuk motif lereng ini sampe enam bulan, yang motif lain tadi apa, kombinasi lereng dan kompetisi motif lain tadi empat bulan. Penjelasan-penjelasannya seperti itu," ucap mantan Walikota Solo itu.

Batik Ibu Iriana Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk melengkapi penampilannya, Iriana memegang sebuah clutch berwarna hitam dengan aksen perak di bagian depan. Ia juga memakai sandal berhak warna hitam. Wanita kelahiran Surakarta, 52 tahun silam ini juga menyanggul rambutnya dengan jenis sanggul modern dengan sematan aksesori putih gading yang memancarkan kecantikannya.

Batik Ibu Iriana Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saat sang Ratu pulang dari Istana Presiden, nampak Iriana mengantarkan hingga masuk mobil dan melambaikan tangan. Dari belakang, terlihat bagaimana bentuk sanggul Iriana yang sederhana tapi pas di wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.