Sukses

9 Kalimat Terlarang Diucapkan pada Orang yang Depresi

Mengatakan 9 hal ini pada orang yang sedang depresi bisa membuatnya semakin parah.

Liputan6.com, Jakarta Kita mungkin pernah merasa sedih dan galau. Namun, itu harus dapat dilewati untuk menjadi ceria kembali. Jika hal ini dibiarkan terjadi berkepanjangan, maka tidak menutup kemungkinan kita akan jatuh dalam kondisi depresi.

Disadari atau tidak, depresi semakin banyak terjadi di sekitar kita. Menurut data dari Mental Health Foundation di Inggris, satu dari lima orang Inggris menderita depresi. Meski belum ada data resminya di Indonesia, tetapi depresi mungkin terjadi pada orang-orang di sekitar kita.

Nah, kita tentu menginginkan orang di sekitar kita yang mengalami depresi bisa pulih kembali. Namun, jika tak tahu harus berbuat apa, setidaknya berusalah agar kita tidak salah bersikap atau berkata kepada orang yang sedang depresi, di mana hal-hal tersebut mungkin bisa menambah parah kondisinya.

Berikut ungkapan atau kata-kata yang sebaiknya tidak diucapkan kepada mereka yang sedang depresi seperti dilansir dari situs Metro.co.uk pada Kamis (22/10/2015).

1. Meminta mereka untuk ceria.
Bagaimana mungkin mereka bisa ceria ketika masih memikirkan untuk bunuh diri? Maka sepertinya kita harus mencari kata-kata lain untuk dapat mengatasi depresi mereka.

2. Apakah kamu hanya ingin simpati saja?
Hanya karena mereka bersikap seperti drama queen yang menyikapi segala sesuatu secara berlebihan, Anda berpikir mereka hanya membutuhkan lebih banyak simpati. Padahal mungkin mereka benar-benar mengalami depresi yang membutuhkan pengobatan.

3. Aku juga merasa sangaaat depresi.
Kata-kata ini kurang tepat, bahkan cenderung ofensif. Bukannya malah menunjukkan empati, kata-kata ini justru sangat minim pengertian.

4. (Diam saja)
Ini akan sangat aneh dan canggung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari katakan ini

5. Mengajak minum minuman beralkohol untuk melupakan masalah.
Minum minuman beralkohol mungkin dapat membuat orang sejenak melupakan masalahnya. Namun, ini tidak menyelesaikan masalah dan membuat mereka merasa lebih buruk di kemudian hari.

6. Aku sangat mengerti yang kamu rasakan.
Mungkin Anda mengerti, tetapi mengerti masalah orang lain bukanlah sesuatu yang mudah diucapkan. Setiap pengalaman orang akan berbeda dan mungkin Anda belum pernah mengalami depresi seperti dia.

7. Kamu hanya mengalami hari yang buruk.
Bad mood karena hari yang buruk dan depresi adalah dua hal yang berbeda. Perkataan seperti itu terkesan menggampangkan.

8. Jangan menyesali dirimu.
Dia tidak menyesali dirinya, tetapi hanya kehilangan akal sehatnya. Maka, kata-kata ini mungkin tidak akan menolong.

9. Ada sesuatu yang salah darimu.
Memang mungkin ada sesuatu yang salah, tetapi mencap seseorang begitu bukannya membantu atau menguatkan. (Uno/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi