Sukses

Inilah 6 Destinasi Wisata Terpopuler di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang memiliki keanekaragaman objek wisata alam dan budaya.

Liputan6.com, Jakarta Sulawesi Utara yang beribu kota Manado merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit membuat kawasan ini diperkaya dengan berbagai objek wisata alam menarik yang kerap dikunjungi banyak wisatawan. Tak hanya itu, Sulawesi Utara juga menjadi sentra industri kerajinan kreatif yang tak kalah dengan berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

Berikut 6 destinasi wisata terpopuler di Sulawesi Utara yang disusun tim Liputan6.com, Rabu 21 Oktober 2015.

Bunaken

Surga menyelam di Bunaken/Business Insider

Siapa yang tidak kenal bunaken? Salah satu spot menyelam unggulan yang dimiliki Indonesia ini menjadi primadona bagi wisawatan mancanegara penggila diving. Pemandangan bawah lalutnya yang indah dan dilengkapi fasilitas wisata yang mewah membuat Bunaken benar-benar menjadi surga bagi mereka yang mendambakan wisata bahari Indonesia.

Desa Woloan

Desa pembuat rumah tradisional Minahasa

Desa yang berlokasi di Kecamatan Tomohon Barat ini merupakan desa yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai perajin rumah tradisional Minahasa. Rumah yang dibangun menggunakan 100 persen kayu besi dengan teknik tradisional turun-temurun ini dibanderol dengan harga yang fantastis. Lebih dari sekadar ‘markas’ bagi perajin rumah tradisional Minahasa, Desa Woloan kini telah telah menjadi salah satu destinasi wisata budaya bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih jauh keindahan bentuk dan struktur rumah tradisional Minahasa.

Danau Linow

Keindahan Danau Linow dilihat dari dekat.
Danau Linow yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Manado, merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Utara, yang kerap dikunjungi wisatawan saat mengunjungi Tomohon. Hamparan danau hijau toska yang terbalut sejuknya kawasan dataran tinggi Tomohon, membuat objek wisata ini sangat cocok bagi mereka yang mendambakan ketenangan. Sambil menyeruput kopi Minahasa, eksotika keindahan Danau Linow makin kental terasa.

Pasar Tomohon

Pasar Tomohon menjadi salah satu destinasi wisata di Sulawesi Utara yang kerap dikunjungi wisatawan.

Siapa yang sangka di balik indahnya alam Tomohon, ternyata terdapat sebuah pasar yang menjadi pusat ‘jagal’ daging dari berbagai jenis. Pasar Tomohon yang menjadi pasar terbesar di kawasan tersebut menjajakan berbagai jenis daging, mulai dari daging babi, ular, anjing, hingga tikus. Bahkan saat memasuki akhir pekan dan hari besar keagamaan, daging yang dijual semakin bervariatif.

Bukit Doa

Menempati lahan seluas 80 hektare, Bukit Doa di Tomohon bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi destinasi wisata bagi mereka yang mendambakan suasana hening dan sejuk. Bukit Doa merefleksikan prosesi jalan salib yang pernah dialami Yesus Kristus di 14 titiknya. Tiap titik dilengkapi dengan patung yang menjelaskan tentang kejadian yang dialami Yesus Kristus. Tak hanya itu, Bukit Doa juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Desa Pulutan

Desa Pulutan merupakan desa yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pengrajin keramik.

Kerajinan keramik dan gerabah ternyata tidak hanya monopoli Pulau Jawa, pasalnya di Kecamatan Remboken, atau sekitar 40 km dari pusat Kota Manado, terdapat sebuah desa yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai perajin keramik dan gerabah. Berbagai kerajinan hasil Desa Pulutan dijual ke berbagai pasar di Kota Manado, bahkan beberapa di antaranya ada yang diekspor. Lebih dari sekadar desa para perajin keramik, Desa Pulutan kini menjadi salah satu desa wisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara. (Ibo)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.