Sukses

Tips Memadukan Si 'Little Black Dress' Supaya Lebih Lezat

Dalam penyajian hidangan penutup, dark chocolate atau cokelat hitam bagaikan little black dress.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pencinta dark chocolate atau cokelat hitam, rasanya tidak pernah bosan untuk menyantap makanan yang umumnya berasa manis sedikit pahit tersebut. Namun, bukankah lebih menyenangkan bila bisa menambah sedikit variasi dalam hidangan cokelat hitam?

Chef spesialis hidangan penutup atau dessert, Odie Djamil, mengatakan, dalam penyajian hidangan penutup, cokelat hitam bagaikan “little black dress”. Seperti yang diketahui dalam fesyen, little black dress merupakan jenis pakaian yang sangat fleksibel.

Little black dress itu lebih bebas dipadupadankan dengan apa saja, baik aksesori maupun warna. Sama seperti dark chocolate dalam dessert, bisa dipadukan dengan banyak makanan,” kata Odie di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Namun, untuk mendapatkan sensasi manis dan menyegarkan, Odie menyarakankan memadukan cokelat hitam dengan buah-buahan. Buah yang cenderung berasa manis dan asam akan lebih cocok bila dipadukan dengan rasa cokelat hitam yang lebih pahit.

Kendati demikian, tidak semua buah cocok dipadukan dengan cokelat hitam. Odie menjabarkan, buah dengan rasa yang kuat seperti durian atau apel cenderung akan “bersaing” dengan rasa cokelat. Selain itu, buah yang terlalu banyak air juga sebaiknya tidak dipadukan dengan rasa cokelat hitam.

“Saya sarankan untuk memilih buah dengan rasa yang lebih segar seperti raspberry. Lebih baik lagi jika buah yang dipilih yakni buah yang masih segar, seperti baru berusia satu sampai dua hari,” tuturnya.

Untuk urusan estetika, Odie menyarankan untuk memilih warna yang colorful karena akan kontras dipadu dengan cokelat hitam. Buah yang usianya terlalu lama akan lebih pucat sehingga sebaiknya tidak dipilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.