Sukses

DIY: Pisang untuk Cegah Keriput Sampai Basmi Jerawat

Selain mudah diolah untuk dijadikan hidangan, buah pisang ternyata juga memiliki manfaat kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Selain mudah diolah untuk dijadikan hidangan, buah pisang ternyata juga memiliki manfaat kecantikan. Maka ketika pisang yang Anda beli tidak habis untuk dimakan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kulit Anda makin lembut dan bersinar.

Pisang kaya akan vitamin dan mineral. Sebut saja vitamin A, B, C, E, potasium, seng, dan besi ada dalam pisang. Buah ini juga kaya antioksidan dan asam amino yang baik untuk kulit dan rambut.

Berikut manfaat pisang yang Anda bisa petik, seperti dikutip dari Boldsky pada Senin (19/10/2015).

Mengatasi kulit kepala gatal
Kandungan potasiun dalam pisang dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut. Campur yoghurt dan pisang serta tambahkan satu sendok teh alpukat kemudian aplikasikan campuran ini ke kulit kepala. Bilas rambut setelah 15 menit.

Melembabkan kulit
Jika kulit Anda kering, Anda bisa mencoba ramuan pisang untuk melembabkannya. Ratakan pisang yang sudah dibuat bubur ke wajah dan leher selama 15 menit. Gunakan air hangat untuk membasuhnya dan usaplah wajah dengan handuk dingin untuk membuat kelembabannya bertahan lama.

Mengurangi keriput
Campuran bubur pisang dan alpukat bisa mengurangi keriput dan memperlambat penuaan. Gunakan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Menghilangkan sel kulit mati
Anda dapat menghilangkan sel kulit mati dengan menggunakan campuran yang mengandung oatmeal, santan, dan pisang. Anda dapat merasakan kulit yang lebih bersinar dengan campuran ini.

Meredakan kulit berminyak
Hancurkan pisang dan campurkan jus lemon ke dalamnya. Aplikasikan di wajah selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Ini akan mengontrol minyak berlebih pada kulit.

Menghaluskan kaki pecah-pecah
Bubur pisang juga bisa digunakan pada kulit kaki yang pecah-pecah. Ini akan menghaluskan kulit dan memperbaiki teksturnya.

Menghilangkan jerawat
Salah satu cara terbaik melawan jerawat adalah dengan memijat bubur pisang ke wajah setiap malam sebelum tidur. Anda akan melihat perubahannya setelah beberapa hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini