Sukses

Tradisi Mubeng Benteng Jadi Warisan Budaya Nasional

Bersama tiga budaya asli Jogja lainnya, Tradisi Mubeng Benteng akan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini menetapkan empat warisan budaya asli Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Nasional. Empat tradisi yang ditetapkan adalah makanan Gudeg, Tradisi Mubeng Benteng, Joglo, dan Tradisi Sasaran Bekakak.

Kabid sejarah purbakala Dinas Kebudayaan DIY, Herlina Hidayati mengatakan, ada empat budaya yang asli dari Jogya diusulkan ke pusat. Hasilnya seluruh budaya yang diajukan langsung di tetapkan menjadi budaya nasional.

"Jadi yang diajukan lolos menjadi Warisan Budaya Nasional, Joglo, Gudeg, Sasaran Bekakak, dan Melimpah Mubeng Benteng," ujarnya di Tepas Tondho Teliti Kraton kepada Liputan6.com, Senin (12/10/2015).

Lebih jauh Herlina mengatakan, penetapan ke-empat budaya asli Jogja ini akan dilakukan pada 20 Oktober 2015 di Jakarta. Nantinya hasil penetapan empat warisan budaya Jogja ini akan diterima langsung oleh Gubernur DIY.

"Hasilnya sudah diketok melalui sidang beberapa waktu lalu. Namun resminya 20 Oktober di Jakarta," ujarnya.

Menurut informasi, Mubeng Benteng Kraton Jogja bersaing dengan warisan budaya dari 34 provinsi di Indonesia lainnya. Mubeng Benteng yang menjadi warisan Budaya Tak Benda akan terus dievaluasi pemerintah setiap 4 tahun sekali. Menurut Herlina penetapan Mubeng Benteng Kraton Jogja karena keunikan dan kekhasannya.

"Tradisi Mlampah Topo Bisu Benteng Kraton ini bisa ditetapkan karena unik dan kekhasannya, layak dijadikan warisan Budaya Nasional Tak Benda," ujarnya kemudian. (Fathi mahmud/Ibo)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.