Sukses

Bukan Disneyland, Tiongkok Bikin Taman Bermain Bertema Komunis

Tiongkok tidak butuh Disneyland, pasalnya Negara Tirai Bambu ini baru saja meresmikan taman anak-anak bertemakan komunis.

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok nampaknya tidak butuh Disneyland untuk wisata keluarga, pasalnya Negara Tirai Bambu ini baru saja mempunyai taman anak-anak bertemakan komunis. Selain dibangun sebagai wujud pernghormatan kepada para pahlawan, taman yang berdiri di Provinsi Hubei ini juga dimaksudkan sebagai simbol kesetiaan masyarakat kepada komunis.

Seperti yang dilansir dari cnn.com, Jumat (9/10/2015), taman komunis Tiongkok yang dibuka untuk umum secara resmi pada 28 September silam ini, mempunyai luas lahan sekitar 300.000 meter persegi. Pada beberapa bagiannya, taman ini dihiasi 29 wajah tokoh komunis Tiongkok lengkap dengan cerita sejarahnya.

foto: cnn

Selain itu, terdapat 23 karya seni yang menyoroti saat-saat penting dari Partai Komunis Tiongkok di antara tahun 1921 hingga 2014. Berbagai potongan peristiwa trsebut digambarkan dalam instalasi seni yang terinspirasi dari seni tradisional Tiongkok.

foto: cnn

Secara umum Taman Komunis Tiongkok terdiri dari empat zona dengan tema mini yang berbeda-beda. Selain sebagai tempat beriwisata keluarga, pemerintahan Tiongkok juga ingin menanamkan semangat ideologi komunisme pada anak-anak sejak dini. Agar anak-anak betah berlama-lama main di taman ini, pihak pengelola juga membangun taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan figur ‘Tentara Merah’ yang menggemaskan.

foto: cnn

Tak hanya itu, beberapa wajah tokoh kontemporer Tiongkok yang berprestasi di bidang-bidang tertentu juga ikut menghiasi taman ini, seperti astronot Tiongkok hingga atlet yang pernah mendapat medali emas di ajang olimpiade.

“Lebih dari sekadar taman bermain anak, taman ini juga mengadung banyak pengetahuan sejarah Tiongkok, dan berbagai nilai-nilai komunis yang berusaha kami tegakkan,” ungkap salah seorang pengunjung lokal. (Ibo/Nad)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini