Sukses

10 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Tambah Rusak

Siapa yang sangka kebiasaan ini justru dapat membuat rambut rusak?

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap hari kita "bermain" dengan rambut, seperti mencuci, mengeringkan, menata, hingga mengikatnya. Namun, siapa yang sangka bahwa ada beberapa kebiasaan yang justru dapat membuat rambut rusak.

Seperti dilansir dari situs Self.com pada Rabu (7/10/2015), setidaknya ada 10 kebiasaan buruk yang bisa bikin rambut menjadi rusak. Ketahuilah dan hentikan kebiasaan ini sekarang juga.

 

1. Menarik rambut bercabang
Menarik rambut bercabang bisa menjadi solusi cepat menghilangkan cabang pada ujung rambut. Namun, kebiasaan ini justru akan membuat rambut rusak karena membuat cabang baru lagi pada rambut. Semakin sering Anda mencabut rambut bercabang maka semakin sulit menuntaskan masalah rambut satu ini.

2. Menata rambut yang basah dengan alat panas
Pakar rambut mengibaratkan kegiatan ini seperti menggoreng rambut. Sehingga pastikan untuk menggunakan alat-alat panas seperti pencatok rambut ketika rambut sudah benar-benar kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Ini Bikin Rambut Tambah Rusak

3. Menyisir rambut basah
Rambut yang basah lebih mudah rontok. Sehingga menyisirnya bukanlah ide yang baik. Jika Anda ingin membuat rambut yang basah tampak lebih rapi, Anda bisa menggunakan sisir dengan jari-jari longgar.

4. Tidur dengan rambut terikat
Kebiasaan ini bisa menyebabkan rambut patah. Sehingga, pastikan untuk membuka semua ikat rambut atau jepitan sebelum tidur.

5. Menggunakan sprai terlalu dekat dengan kepala
Produk-produk yang disemprotkan pada rambut jika dilakukan terlalu dekat akan meninggalkan bekas-bekas berwarna putih yang dapat mengganggu kesehatan rambut. Maka pastikan berikan jarak sekitar sepanjang lengan sebelum menyemprotkan produk ke rambut.

6. Menggunakan karet gelang untuk mengikat rambut
Karet gelang bisa menempel pada rambut, sehingga ketika akan melepaskan ikatan dengan karet gelang, rambut menjadi ikut tertarik.

3 dari 3 halaman

Kebiasaan Ini Bikin Rambut Tambah Rusak

7. Menyisir dari akar hingga ke ujung rambut
Kebiasaan ini dapat membuat rambut patah. Maka, gantilah kebaisaan ini dengan menyisir dari tengah hingga ke ujung rambut. Jika perlu menyisir akar rambut maka lakukan dengan lembut dan tidak perlu menariknya ke ujung rambut.

8. Memotong dan berharap rambut tumbuh lebih cepat
Memotong rambut bukan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat, tetapi justru memperlama rambut untuk tumbuh lebih panjang. Untuk mendapatkan rambut sehat dan panjang, cara terbaik sebenarnya adalah dengan lebih jarang mencuci, menata dengan alat panas, dan memberinya lebih banyak pelembab.

9. Menggunakan "clarifying shampoo"
Clarifying shampoo merupakan sampo untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari produk-produk penata rambut. Namun, menggunakan produk ini justru bisa menghilangkan kelembaban alami rambut dan kulit kepala kering.

10. Mengeringkan rambut dengan handuk
Kebiasaan mengusap-usap rambut dengan handuk bisa merusak kutikula rambut. Padahal kutikula sangat penting untuk membuat rambut tampak sehat, lembut dan bercahaya.

 

(Uno)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini