Sukses

3 Resep Nasi Tradisional Terfavorit ala Bondan Winarno

Bondan Winarno menjelaskan cara pembuatan nasi ulam Betawi, nasi cakalang pampis Manado, dan Nasi Tutug Oncom.

Liputan6.com, Jakarta Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Hal ini membuat Indonesia memiliki kekayaan menu makanan yang menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya.

Ada beberapa makanan Nasi Indonesia yang ikonik dan menjadi favorit masyarakat. Bondan Winarno seorang pakar kuliner nusantara di acara Festival Nasi yang diselenggarakan Philips beberapa waktu lalu bukan hanya memberi tahu jenis-jenis menu nasi di Indonesia. Ia juga membeberkan cara pembuatannya.

Berikut ini 3 menu nasi favorit di Indonesia dan cara pembuatannya.

 

Nasi Ulam Betawi

Dok. Liputan6.com/Kuliner

Cara membuat menu nasi ini sederhana, Anda dapat menyiapkan nasi putih yang ditambahi serundeng yaitu lengkuas yang biasanya dicampur dengan kelapa. Kemudian Anda dapat menambahkan ebi sangrai dan kacang tanah goreng ke dalamnya.

Setelah itu masukkan sayur-sayuran seperti kacang panjang dan kemangi yang dirajang halus. Untuk menambahkan tekstur crunchy pada nasi uduk Anda, usahakan sayuran yang Anda tambahkan dalam keadaan mentah.

Sebagai pelengkap lauknya dapat Anda tambahkan semur tahu, bihun goreng, perkedel dan kerupuk. Sepiring nasi uduk betawi Anda sudah dapat dinikmati, mudah bukan?

 

Nasi Cakalang Pampis Manado

Dok. Liputan6.com/Kuliner

Sekilas menu nasi dari Manado ini mirip Dolson Bibimbam dari Korea. Cara membuatnya Anda dapat menyiapkan nasi putih ditambah cakalang pampis. Kemudian aduk dengn rata dan tambahkan sayuran.

Setelah itu bakar nasi diatas api sedang, agar bagian yang terkena panci tidak mengeras dan menjadi kering. Setelah aroma cangkalang keluar dari panci, angkat dan tiriskan.

 

Nasi Tutug Oncom

Dok. Liputan6.com/Kuliner

Bahan-bahan yang harus Anda sediakan ketika akan menyajikan menu nasi tutug oncom adalah oncom, cabe rawit, kencur, bawang putih, dan Garam. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dan haluskan.

Masukkan nasi putih ke dalam bumbu dan aduk hingga rata. Nasi tutug oncom Anda telah tersedia dengan waktu yang tidak lebih dari lima menit, praktis bukan? Nah Anda dapat mencoba menyajikan menu-menu ini di rumah, baik pada acara perayaan ataupun saat berkumpul untuk makan bersama. Selamat mencoba!

 

(Mit/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.