Sukses

Cimahi Bersiap Jadi Destinasi Wisata Militer

Cimahi yang sebagian besar wilayahnya merupakan pusat pendidikan tentara, digadang-gadang akan menjadi kawasan wisata militer.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat nampaknya perlu bersabar akan kehadiran wisata militer di Cimahi, Jawa Barat. Sebabnya rencana Pemprov Jawa Barat kawasan wisata militer tersebut belum juga terwujud.

Cimahi hadirkan fasilitas wisata militer untuk menarik wisatawan

Cimahi yang sejak lama menjadi basis latihan Tentara Nasional Indonesia akan didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi kota militer yang mengedukasi dan menghibur masyarakat Indonesia. Banyak peninggalan sejarah perjuangan militer dan masih terdapat tempat-tempat latihan militer yang masih aktif di Kota ini.

Selain dapat berkeliling melihat peninggalan sejarah militer, Kota Cimahi juga menyuguhkan atmosfer militer yang kental. Di setiap sudut kota dan taman dipenuhi oleh atribut militer, seperti tugu pesawat tempur hingga patung militer yang mengobarkan semangat perjuangan.

Meski belum rampung sepenuhnya, destinasi wisata militer di Cimahi seperti The Historich dan Pusdiklat TNI menjadi tempat yang kerap dikunjungi wisatawan. Gedung The Historich yang dahulunya pernah menjadi gedung DPR ini, berisi peninggalan militer seperti pesawat TNI dan berbagai senjata. 

Cimahi hadirkan fasilitas wisata militer untuk menarik wisatawan

Hendi Purwanda, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Pemerintahan Kota Cimahi, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (5/10/2015) menyampaikan, "Pemerintah Kota melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertanian mengupayakan untuk fokus menjadikan Kota Cimahi sebagai destinasi wisata militer. Sampai saat ini tujuan edukasi masih menjadi prioritas kami. Kami juga akan memberikan yang terbaik untuk rencana pak Wakil Gubernur menjadikan Cimahi sebagai Destinasi wisata militer." 

Lebih jauh Hendi menjelaskan, spot wisata militer lainnya yang akan menyusul dibangun adalah tujuan wisata olahraga menembak dan terjun payung. Fasilitas wisata ini akan segera direalisasikan untuk menarik wisatawan yang datang ke Cimahi. Selain itu juga akan direncanakan wisata bekeliling barak TNI dan melihat langsung latihan kemiliteran. Selamat berwisata ke kota militer Cimahi. (Mit/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.