Sukses

Sambut Ultah Jogja, Kucing Jowo Sehat dan Manis Ikutan Lomba

Bukan hanya kucing blasteran atau ras campuran saja yang unjuk kebolehan, kucing kampung liar juga ikut lomba Kucing Jowo Sehat dan Manis

Liputan6.com, Jakarta Memperingati ulang tahun Yogyakarta ke-259, 7 Oktober mendatang, kucing domestik atau biasa disebut kucing jowo ikut berpartisipasi meramaikan. Kucing lokal yang menggemaskan tersebut ambil bagian dalam lomba kucing Jowo Sehat dan Kucing Jowo Manis, 4 Oktober 2015 di Pasar Ikan Higienis, Jogja.

Gagasan untuk membuat kontes binatang menggemaskan tersebut berawal dari niat para pecinta kucing untuk mengangkat derajat kucing lokal yang selama ini masih dipandang sebelah mata. Padahal jika kucing 'kampung' dipelihara dengan benar, tak kalah lucu dan manis dengan kucing ras blasteran.

"kami ingin mengangkat kucing lokal atau kucing jowo. Karena kucing kampung tidak kalah manis dan menggemaskan. Bagi yang terpilih akan mendapatan piala Walikota Jogja of the Best Kucing Jowo Sehat dan Kucing Jowo Manis," papar Ketua II Festival Kucing Domestik Harris Darmawan.

Selain itu, dikumpulkannya berbagai kucing lokal juga sebagai edukasi pada masyarakat jika banyak kucing lokal yang liar dan terlantar karena ketakutan akan membawa virus dan penyakit. Padahal, jika dipelihara, kucing lokal punya kecerdasan lebih ketimbang kucing ras lain.

"Kebanyakan selama ini kucing kampung dianggap membawa toksoplasma. Padahal kalau dipelihara dengan baik, maka tidak hanya kucing yang sehat, pemeliharanya juga," tambah Ketua I Panitia Festival Kucing Domestik Sri Panggarti.

Sebab itu, dalam perlombaan tersebut disediakan pelatihan kesejahteraan hewan seperti pemberian obat cacing gratis dan program kesejahteraan hewan."Kami berharap acara ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengutamakan kesejahteraan hewan, khususnya kucing jawa." harap Harris. (Fathi mahmud/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.