Sukses

Yogyakarta Masyarakatkan Gelar Kota Batik Dunia Lewat Festival

Sebuah festival dibuat untuk memasyarakatkan gelar Kota Batik Dunia yang diraih oleh Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta Pada tahun 2014, World Craft Council (WCC) menetapkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia. Namun belum banyak warganya maupun warga Indonesia secara umum yang mengetahui hal itu.

Oleh karena itu, menindaklanjuti penetapan Yogya sebagai kota Batik Dunia, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar `Festival Jogja Kota Batik` pada 2-6 Oktober 2015. Festival ini akan diwarnai berbagai acara menarik seperti pameran Batik, Talk Show Batik, Fashion Show Batik dan Lomba Batik.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Perdagangan dan Koperasi DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan bahwa acara ini digelar untuk menekankan kepada masyarakat Jogja dan seluruh warga Indonesia bahwa Yogyakarta sudah mendapat predikat sebagai Kota Batik Dunia.

Pembukaan Festival Jogja Kota Batik akan diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, tepatnya di Kompleks Pagelaran, dalam rupa Pameran Batik. Pameran ini diikuti 50 gerai dengan berbagai jenis Batik. Saat pembukaan nanti akan diserahkan plakat dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kepada Gubernur DIY, penandatanganan prasasti batik, dan lain sebagainya.

(Fathi mahmud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini