Sukses

5 Hobi Ini Terbukti Ampuh Menangkal Stres

Didera rasa stres? Coba lakukan hobi-hobi keren ini yang terbukti dapat menangkal stres.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang punya cara sendiri untuk menangkal stres. Ada sebagian yang melakukan hobinya. Hobi memang bisa dipercaya sebagai aktivitas yang mampu menangkal stres. Dengan melakukan hobi, Anda akan mendapat kepuasan batin yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Berikut ini adalah hobi-hobi yang dipercaya bisa menangkal stres:

1. Menulis

Menulis dapat menuangkan imajinasi Anda. Mulai dari catatan harian, cerpen, puisi atau bahkan lirik lagu. Menuangkan
imajinasi dalam bentuk tulisan terbukti bisa mengurangi stres! Dengan hobi menulis, tak ada salahnya jika Anda membuat blog yang khusus berisi aktivitas Anda, buat blog anonim jika identitas Anda tidak ingin diketahui.

2. Menonton Film

Menonton film juga termasuk hobi yang menyenangkan. Jika Anda hendak menonton film di bioskop, sebaiknya pilih
film dengan genre yang Anda sukai atau film yang lagi booming saat itu. Pilih tempat yang ideal bagi Anda, jangan terlalu di dekat layar atau di pinggir karena mengurangi kenyamanan Anda saat menonton. Menonton tidak harus di bioskop, Anda bisa menyaksikan film di rumah melalui DVD Player bersama keluarga Anda.

3. Fotografi

Walaupun sebenarnya terlihat simpel, mencari objek kemudian memotretnya, namun hobi fotografi juga ampuh untuk menangkal stres. Hasil foto yang bagus dipercaya bisa menjadi kepuasan batin untuk mengalihkan pikiran dari sumber stres. Anda bisa coba sendiri, keluar dari rumah atau kantor, cari pemandangan atau objek yang pas untuk Anda abadikan. Berhasil dapatkan foto yang menarik selanjutnya tinggal share di media social.

4. Karaoke

Karaoke dianggap sebagai obat stres yang paling jitu. Berkaraoke tidak perlu bersuara bagus, cukup perlu keberanian
mengeluarkan suara Anda saat bernyanyi dengan lantang. Coba mainkan lagu yang semua orang familiar dengan lagu tersebut. Kemudian mainkan dan nyanyi bersama teman-teman Anda, ini pasti bisa menghilangkan kepenatan Anda. Mereka yang hobi menyanyi sudah pasti karaoke adalah aktivitas favorit.

5. Traveling

Semua pasti sepakat bahwa traveling adalah cara paling tepat untuk menangkal stres dan menghilangkan kepenatan dari aktivitas kerja sehari-hari.

Rencanakan traveling dari jauh-jauh hari, supaya Anda bisa menyusun daftar tujuan dan barang-barang yang perlu dibawa. Traveling tidak selalu harus mahal, istilahnya yang tren adalah dengan menjadi backpacker. Travelling juga tidak harus naik pesawat atau perjalanan ke luar negeri, bepergian ke  tempat wisata alam di dekat rumah pun sudah termasuk traveling.

Saat traveling, Anda akan mendapat pengalaman baru, bertemu orang-orang baru, melihat pemandangan alam, menikmati wisata kuliner dan melakukan aktivitas lainnya yang berbeda dari biasanya.

Pada dasarnya saat melakukan hobi Anda tersebut, lakukan dengan santai, sejenak lupakan beban pekerjaan atau tugas-tugas Anda. Tubuh dan pikiran Anda butuh refreshing bukan? Selamat melakukan hobi Anda dan selamat tinggal stres!

(Adv/GR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini