Sukses

Begini Cara Hadapi Bos yang Suka Marah

Bos Anda suka marah? Begini cara menghadapinya agar tidak menimbulkan masalah lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta Pada dunia kerja adanya sikap yang tidak sesuai dengan keinginan kita atau bahkan mengganggu seperti mudah marah adalah hal yang lumrah. Beban kerja yang berat dengan deadline yang semakin dekat bisa semakin memperkeruh suasana.

Respons yang salah terhadap situasi bos yang mudah marah ini dapat menimbulkan permasalahan baru dan membuat suasana bekerja menjadi tidak nyaman. Nah, untuk menghadapi permasalahan ini Anda perlu pintar dan cerdas dalam bersikap.

Sikap mudah marah atasan tidak perlu dibalas dengan nada tinggi juga karena akan memperburuk suasana. Bagaimana cara bijak menghadapi bos Anda ini?

Seperti dilansir dari situs Torontosun pada Minngu (27/9/2015), berikut ini 3 langkah mudah yang dapat Anda lakukan ketika atasan Anda mudah marah.

Tidak Mudah Tersinggung

Jangan mudah tersinggung merupakan satu sikap yang bijak ketika bos Anda marah kepada bawahannya. "Semakin cepat Anda menyadari itu, semakin mudah Anda untuk merespons tanpa bersikap kasar," kata Heather Huhman, Konsultan karir. Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah kemarahan bos Anda memang mendasar.

Komunikasi Melalui Email

Kemudian cobalah untuk berkomunikasi melalui e-mail. "Bos Anda mungkin akan memberikan respons yang berbeda ketika berkomunikasi melalui e-mail. Dan cara ini bisa membuatnya menyediakan waktu yang lebih untuk menyampaikan hal-hal dalam bentuk tulisan, jelas Heather.

Jujur

Bos Anda mungkin memiliki banyak masalah di pikiran mereka. Namun jujur adalah hal yang terpenting dan komunikasikan dengan bos Anda tentang sikapnya yang mudah marah tersebut. "Jangan takut untuk mendekati bos Anda tentang perilaku mereka, hanya saja pastikan untuk melakukannya dengan profesional," tambahnya.

(mit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini